Setiap perusahaan pasti memiliki latar belakang dan identitas dari bisnis yang dijalankan. Sehingga sangat penting membuat profil perusahaan untuk menggambarkan secara menyeluruh konsep dari bisnis. Cara membuat profil perusahaan haruslah menarik dan berkesan karena memiliki kaitan eratnya dengan klien dan pembaca yang ingin menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan adanya profil perusahaan akan lebih mudah dikenal karena memiliki identitas yang jelas serta tujuan yang berkaitan dengan visi dan misi. Bukan hanya sekedar menjadi profil atau sebuah identitas dari perusahaan. Ada banyak hal positif yang akan didapatkan oleh perusahaan bila bisa membuat profil dengan benar.

Masih banyak dari perusahaan mengabaikan profil yang merupakan informasi penting mengenai identitas dan tujuan bisnis yang dijalankan. Perlu untuk diketahui bahwa profil perusahaan yang dibuat menarik dan berkesan dapat mengundang banyak klien. Maka dari itu, perlu adanya penggambaran yang jelas mengenai perusahaan bukan hanya berfokus pada sisi penjualannya saja. Profil perusahaan juga memiliki kaitan dengan reputasi digital dalam mendukung brand positioning.

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai profil perusahaan Anda bisa menyimaknya berikut ini.

Memahami Company Profile (Profil Perusahaan)

Company profile dalam website, sumber ekrut.com
Company profile dalam website, sumber: ekrut.com

Company profile memiliki banyak pengertian yang diantaranya seperti perusahaan, maskapai, firma, perseroan, persekutuan, dan lain-lain. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia company profile adalah profil perusahaan. Pada umumnya banyak yang lebih mengenal dan menggunakan dengan sebutan profil perusahaan.

Tujuan dari company profile adalah untuk memberikan informasi atau gambaran pada publik mengenai keberadaan dari perusahaan. Banyak informasi yang harus dicantumkan di dalam profil perusahaan agar publik atau klien bisa mengetahui dengan jelas.

Hal-hal yang harus terdapat di dalam profil perusahaan diantaranya:

  • Identitas perusahaan mencakup letak berdirinya, alamat, kontak, dan lain-lain.
  • Sejarah dari mulai berdirinya perusahaan.
  • Visi dan Misi yang berisi mengenai tujuan dan tahapan dari perusahaan.
  • Produk atau Jasa yang ditawarkan
  • Value atau kelebihan dari perusahaan

Pembuatan company profile juga memiliki fungsi untuk menyimpan data yang berisi tentang profil perusahaan dan data-data lainnya. Dari data-data yang terdapat di dalam profil perusahaan bisa menggunakannya untuk banyak hal. Salah satu contohnya adalah sebagai media promosi.Jadi, company profile dan profil perusahaan tidaklah berbeda satu sama lain. Karena memiliki makna yang sama sehingga kedua kalimat tersebut dapat digunakan.

Cara Membuat Profil Perusahaan yang Baik

Berikut ini cara membuat profil perusahaan yang baik sehingga, bisa menarik perhatian dari klien dan pembaca yang ingin membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

1. Cover (Halaman Depan)

Cover depan profil perusahaan, sumber sumberilmuku.my.id
Cover depan profil perusahaan, sumber: sumberilmuku.my.id

Isi dari cover atau halaman depan biasanya memuat nama dan logo perusahaan. Walaupun isinya yang sederhana usahakan dibuat dengan tampilan yang menarik. Agar klien atau pembaca bisa melihatnya dari awal hingga akhir halaman.

2. Daftar Isi

Untuk memudahkan pembaca mengetahui berbagai informasi yang disampaikan pada setiap halaman dari profil perusahaan. Jangan lupa untuk membuat daftar isi sebagai panduan pembaca untuk mengetahui di halaman berapa informasi yang dicari terdapat.

3. Isi Profil Perusahaan

Pada bagian isi halaman merupakan inti dari informasi perusahaan yang disampaikan. Dimana terdapat beberapa informasi diantaranya seperti sejarah, deskripsi, dan struktur organisasi perusahaan.

4. Visi dan Misi Perusahaan

Informasi yang terdapat di dalam profil perusahaan yang sangat penting untuk disampaikan. Karena di dalam visi dan misi memuat rincian tujuan perusahaan, strategi, dan komitmen dalam bahwa perusahaanmu akan melakukan yang terbaik dalam segi apapun.

5. Produk atau Jasa Perusahaan

Brand perusahaan dunia, sumber: argiacyber.com
Brand perusahaan dunia, sumber: argiacyber.com

Pada bagian ini berikan informasi yang jelas mengenai apa saja produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Mulai dari deskripsi nama, kegunaan, spesifikasi, keunggulan, dan penjelasan rinci lainnya. Agar membuat pembaca lebih tertarik lagi jangan lupa untuk sertakan gambar produk atau jasa.

6. Kelebihan Perusahaan

Untuk menarik lebih lagi perhatian dari pembaca maka, sertakan juga kelebihan perusahaan agar produk atau jasa yang ditawarkan mudah untuk digunakan. Bisa juga diajak bekerja sama bila kelebihan perusahaan dibuat sesuai dengan fakta yang ada.

7. Pengalaman Perusahaan

Penting juga untuk memuat informasi tentang pengalaman perusahaan di dalam profil. Informasi yang disampaikan diantaranya seperti pencapaian perusahaan, dan portofolio. Dengan adanya pengalaman perusahaan akan memperkuat kepercayaan pembaca dari berbagai informasi yang telah disampaikan.

8. Dokumentasi Perusahaan

Pada bagian halaman ini berisi berbagai ilustrasi gambar dari hasil dokumentasi perusahaan. Isi gambarnya bisa beragam mulai dari aktivitas, fasilitas, proses kerja karyawan, penghargaan perusahaan, dan lain-lain. Dengan adanya tambahan dokumentasi akan lebih memperkuat kepercayaan dari pembaca.

9. Call to Action

Sebelum menutup dari berbagai rangkaian informasi profil perusahaan yang sudah dijelaskan. Pada halaman ini lakukan penekanan yang bisa membuat pembaca melakukan tindakan nyata untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Inilah yang disebut dengan Call To Action (CTA).

10. Cover Belakang (Penutup)

Halaman akhir profil perusahaan, sumber sribu.com
Halaman akhir profil perusahaan, sumber: sribu.com

Halaman terakhir yang berisi kesimpulan dari rangkaian informasi yang sudah disampaikan pada setiap halamannya. Cantumkan juga kontak informasi perusahaan, seperti nomor telepon, email, dan alamat perusahaan secara lengkap dan jelas.

Agar membuat pembaca menjadi lebih berkesan di akhir halaman dari profil perusahaan. Buat cover penutup sebaik mungkin untuk dapat menyentuh perasaan pembaca.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat profil perusahaan yang menarik dan berkesan. Ada berbagai media yang dapat digunakan untuk publish profil dari perusahaan seperti media cetak (buku, majalah, brosur), aplikasi, dan website. Akan jauh lebih baik lagi bila profil perusahaan dapat publish pada setiap medianya. Karena peluang untuk dilihat oleh klien dan pembaca yang ingin membeli jangkauannya akan jauh lebih luas.