Seberapa sering Anda melihat iklan online marketplace yang ditampilkan di TV, media sosial, bahkan billboard besar di pinggir jalan raya? Ya, Indonesia saat ini memang berada dalam era yang serba digital, yang mana masyarakat diajak untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan internet. Tak terkecuali dalam hal berbisnis. Oleh sebab itu, diperlukan digital marketing strategy untuk membuat sebuah bisnis bisa terus berkembang dan mendapatkan keuntungan besar.
Ditambah lagi saat awal mula pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, banyak pengusaha yang sebelumnya berjualan dengan cara konvensional, kemudian mau tidak mau terjun ke pasar digital demi mempertahankan usahanya agar tetap berjalan. Peralihan tersebut bisa jadi memberi dampak yang buruk pada bisnisnya apabila sang pengusaha tidak memiliki strategi yang baik dalam memasarkan produknya di media digital.
Namun sebaliknya, apabila ada seorang pebisnis yang tetap bertahan untuk tidak mau masuk ke media digital, sedangkan sebagian besar masyarakat telah beralih ke online marketplace untuk memenuhi kebutuhannya, akibatnya adalah pebisnis tersebut akan sulit untuk bersaing dan mengembangkan usahanya. Untuk mencegah hal itu terjadi, Jogja Kreasi akan membagikan beberapa strategi digital marketing untuk membuka jalan Anda ke pasar yang lebih luas jangkauannya.
Konsep Digital Marketing
Konsep dari digital marketing secara umum adalah meluaskan kegiatan pemasaran sebuah produk maupun jasa dengan mempromosikannya menggunakan media digital. Akan tetapi, konsep ini tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak didukung dengan strategi pemasaran serta konten yang berkualitas dan menarik perhatian konsumen.
Perlu diingat bahwa penerapan konsep digital marketing telah dijalani oleh hampir semua pebisnis di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda perlu menemukan strategi yang efektif agar dapat bersaing dengan pebisnis lainnya.
Contoh Digital Marketing Strategy Untuk Meningkatkan Bisnis Anda
Dilansir dari website datareportal, di bulan Januari 2022 terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia. Fakta tersebut membuktikan bahwa kurang lebih 70% dari masyarakat Indonesia aktif berkegiatan di internet, misalnya bekerja, sekolah, nonton hiburan, hingga melakukan transaksi belanja.
Dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan internet, tentunya semakin terbuka juga peluang untuk mendapatkan calon konsumen. Untuk memaksimalkan peluang tersebut, berikut ini beberapa contoh strategi digital marketing yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda:
1. Pembuatan Website/Blog
Tahukah Anda bahwa memiliki sebuah official website adalah hal mendasar dalam menerapkan digital marketing strategy? Dengan memiliki situs web resmi tentunya akan memudahkan dalam mempromosikan produk yang Anda jual.
Dengan adanya website, Anda bisa mengunggah produk-produk yang Anda jual. Mulai dari gambar, deskripsi, hingga harganya. Selain itu, Anda bisa menyajikan berbagai artikel berisikan informasi yang tentunya masih berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.
Jangan lupa untuk mencantumkan informasi mengenai pemilik usaha serta kontak yang bisa dihubungi untuk memudahkan konsumen yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk-produk di website tersebut.
2. Menggunakan Media Sosial Sebagai Tempat Promosi
Hal lain yang tidak kalah penting dalam menerapkan strategi digital marketing adalah dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai tempat mempromosikan produk jualan Anda. Hal ini bukan tanpa alasan, hampir semua masyarakat Indonesia yang menggunakan internet pasti juga memiliki akun di berbagai media sosial. Fakta dilapangan juga menjelaskan bahwa banyak sekali pebisnis yang menawarkan produknya melalui sebuah postingan di Instagram, Tiktok, Youtube, dan sebagainya.
Namun, kunci sukses dari penggunaan media sosial ini adalah dengan menyajikan banyak konten yang bisa menarik perhatian target Anda. Konten yang membosankan atau tidak relevan akan dengan mudah hilang dari peredaran, jadi pastikanlah bahwa konten yang Anda sajikan memang memiliki kualitas dan relevansi yang baik.
3. Mempelajari SEO
Hanya memiliki website bisnis saja tanpa mempelajari SEO tentunya tidak akan memberikan hasil yang efektif pada bisnis yang sedang Anda jalankan. SEO memiliki kepanjangan Search Engine Optimization yang artinya adalah memaksimalkan website pada hasil pencarian menggunakan search engine, contohnya seperti Google. Dengan menerapkan SEO yang tepat, maka website bisnis yang Anda miliki berpotensi besar untuk lebih mudah ditemukan pada halaman pencarian.
4. Branding Bisnis
Salah satu faktor yang menyebabkan suatu bisnis bisa terus berkembang dan bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat adalah dengan memiliki branding yang kuat. Untuk mendapatkannya, Anda harus membangun citra positif pada bisnis Anda. Menjaga kualitas produk dan membangun kredibilitas menjadi poin penting untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari konsumen.
5. Memanfaatkan Teknologi
Teknologi yang semakin maju tentunya bisa memberikan kemudahan pada kelangsungan bisnis Anda. Misalnya, saat proses pendataan produk atau pendataan konsumen. Tentunya akan lebih mudah jika menggunakan software yang membuat pekerjaan tersebut lebih praktis dibandingkan dengan mendatanya secara manual.
Di Indonesia, terdapat banyak perusahaan yang sukses menerapkan digital marketing strategy. Salah satu contoh digital marketing yang sukses bisa dilihat pada perusahaan Gojek. Gojek merupakan perusahaan yang awalnya hanya memfasilitasi penggunanya yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Namun, dengan terus mengoptimalkan strategi digital marketing nya, Gojek menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia yang memiliki banyak pelanggan.
Promosi yang Gojek lakukan di berbagai media digital juga didukung dengan konten yang menarik dan juga relevan. Selain itu, salah satu cara Gojek untuk menarik semakin banyak pelanggan adalah dengan memberikan berbagai macam promo pada setiap transaksinya.
Itulah tadi ulasan singkat mengenai digital marketing strategy yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda sendiri. Beralih dari bisnis konvensional ke bisnis digital memang tidak mudah. Diperlukan kejelian untuk melihat sebuah peluang dan juga kegigihan untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis digital yang persaingannya sangat ketat.