Membangun sebuah situs (halaman website) baik untuk bisnis dan keperluan lainnya tentu membutuhkan yang namanya artikel. Pengunjung halaman website biasanya akan lebih tertarik bila terdapat berbagai informasi yang terkait sesuai dengan konsep halaman yang dibuat. Tidak berhenti hanya sampai disitu saja, ada yang namanya riset keyword yang harus dilakukan.

Dengan melakukan riset keyword dalam membuat artikel atau sebuah konten untuk keperluan halaman website. Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan salah satunya adalah artikel yang dibuat memiliki potensi untuk dapat tampil pada halaman page one. Istilah ini biasanya dikenal dengan sebutan artikel peringkat atas Google.

Bayangkan dari banyaknya artikel yang sama dari berbagai halaman website. Hanya artikel-artikel tertentu saja yang dapat tampil pada halaman page one Google. Kenapa bisa begitu? karena hasil dari melakukan riset keyword yang merupakan salah satu faktor utamanya. 

Sehingga jika Anda ingin halaman website bisnis atau lainnya yang Anda kelola bisa mendatangkan banyak pengunjung. Sangat penting untuk dapat mengetahui lebih dalam lagi mengenai tentang riset keyword. Terutama cara melakukan riset keyword yang memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan benar. Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda simak berikut ini.

Mengenal  Apa  Itu Riset Keyword SEO?

Ilustrasi riset keyword, sumber: tanyadigital.com
Ilustrasi riset keyword, sumber: tanyadigital.com

Keyword adalah sebuah frasa kata yang digunakan dalam mencari informasi secara online. Selain itu, keyword juga merupakan salah satu bagian penting dari sebuah konten. Karena untuk bisa menemukan sebuah konten pada mesin pencari salah satunya yang sudah banyak digunakan dan familiar adalah Google. Harus memasukan terlebih dahulu keyword tertentu sesuai dengan jenis konten yang dicari.

Sedangkan untuk riset keyword Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu langkah penelitian strategis untuk membuat konten dapat tampil pada halaman page one. Tujuan riset keyword atau kata kunci adalah untuk bisa membuat konten yang berkualitas sesuai dengan algoritma dari sistem mesin pencari. Karena bila tidak melakukan riset keyword, artikel atau konten yang Anda buat akan sangat sulit masuk pada halaman pertama Google (mesin pencari).

Dengan adanya riset keyword SEO akan sangat membantu dan memudahkan artikel atau konten lainnya yang dibuat masuk pada halaman pertama dari mesin pencari. Karena dengan cara seperti inilah konten bisa menghasilkan sebuah informasi yang sesuai dengan kata kunci. Jika berhasil menerapkan strategi riset keyword pastinya tingkat pengunjung halaman website Anda akan mengalami peningkatan.

Keyword Tools Terbaik Untuk Riset Kata Kunci dengan Tepat

Keyword research tools, sumber: shoutmeloud.com
Keyword research tools, sumber: shoutmeloud.com

Untuk melakukan riset keyword atau kata kunci ada tools yang harus digunakan. Karena dalam melakukan riset pastinya Anda memerlukan yang namanya informasi yang detail dan akurat. Dengan menggunakan keyword tools akan sangat memudahkan Anda dalam menghasilkan artikel atau konten SEO.

Berikut ini bisa Anda simak beberapa keyword tools terbaik dan telah banyak digunakan untuk keperluan riset kata kunci diantaranya:

1. Semrush

Bagi para SEO specialist keyword tools Semrush tentunya sudah sangat familiar digunakan. Hal ini tentunya dikarenakan data yang diberikan dalam melakukan riset keyword cukup lengkap dan akurat. Sehingga memudahkan para pembuat konten dapat bersaing dengan para kompetitor yang menggunakan kata kunci yang sama.

2. Ahrefs

Keyword tools yang menyediakan informasi yang cukup luas kepada para penggunanya. Sehingga Anda bisa menemukan dengan mudah kata kunci yang tepat dalam membuat sebuah konten artikel dan lainnya. Dengan menggunakan Ahrefs berbagai riset kata kunci menjadi lebih mudah dengan lengkapnya informasi yang diberikan.

3. Ubersuggest

Menyediakan data seperti search volume, keyword suggestions, keyword difficulty, dan masih banyak lagi. Akan sangat memudahkan Anda untuk meriset kata kunci dengan tepat dalam membuat berbagai konten artikel. Terdapat juga data estimasi traffic yang bisa Anda gunakan untuk melihat seberapa baik kata kunci tersebut pada mesin pencari seperti Google.

Masih banyak lagi keyword tools yang tersedia untuk memudahkan para konten kreator baik artikel dan lainnya dalam meriset kata kunci. Semua keyword tools memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam penggunaannya.

Cara Riset Keyword Artikel

Proses riset keyword pada mesin pencari Google, sumber: niagaweb.co.id
Proses riset keyword pada mesin pencari Google, sumber: niagaweb.co.id

Dalam melakukan riset keyword artikel ada beberapa cara atau tahapannya. Berikut ini bisa Anda simak penjelasannya yang diantaranya:

1. Menggunakan Metode Suggestion & Related Keywords

Cara riset keyword yang pertama adalah suggestion & related keyword. Metode ini digunakan untuk mencari keyword dan mengumpulkan kata kunci yang disarankan oleh mesin pencari seperti Google. Berbeda bila Anda menggunakan keyword tools dimana, ada menu khusus yang digunakan untuk meriset keyword.

Untuk melakukan metode ini cukuplah mudah, Anda hanya perlu mengetikan beberapa frasa kalimat sesuai dengan topik konten artikel yang akan dibuat. Jika menggunakan langsung pada mesin pencari Google bisa tekan tombol Space. Misalnya, Anda memiliki bisnis kuliner maka, kata kunci yang bisa diriset seperti jenis kuliner. 

Agar lebih spesifik lagi Anda bisa melihat beberapa suggestion keyword lainnya yang saling berkaitan. Contohnya bila Anda mengetikan kata kunci jenis kuliner akan muncul suggestion seperti jenis kuliner di indonesia dan yang lainnya. Tinggal disesuaikan dengan topik pembahasan artikel yang ingin Anda bahas dan jangan lupa dengan niche yang dimiliki. 

2. Melihat Volume Pencarian Keyword

Setelah Anda mendapatkan keyword yang sesuai dengan niche atau topik konten halaman website atau blog. Jangan lupa untuk perhatikan juga volume pencarian keyword tersebut pada mesin pencari. Volume pencarian biasanya hanya bisa dilihat menggunakan keyword tools. Usahakan jumlah volume pada keyword tersebut diatas 500 per bulan.

3. Sesuaikan Dengan Tingkat Difficulty

Untuk mempermudah konten artikel yang Anda buat muncul pada halaman pertama mesin pencari Google. Ada baiknya juga untuk diperhatikan tingkat kesulitan persaingan pada keyword (KD) yang sudah Anda tentukan. Jika authority website atau blog Anda tinggi, bisa menargetkan keyword dengan KD yang besar. Namun, bila sebaliknya ada baiknya memilih KD dengan tingkat kesulitan yang rendah atau sedang agar mampu bersaing pada halam pertama mesin pencari.

4. Melihat Search Engine Result Page (SERP)

Dengan melihat SERP Anda bisa tahu siapa saja kompetitor yang menduduki halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword yang sudah diriset. Anda bisa mempelajari isi konten artikel tersebut sebagai referensi. Hal-hal apa saja yang digunakan sehingga, artikel tersebut bisa menduduki halaman pertama pada mesin pencari Google.

Itulah sedikit penjelasan mengenai riset keyword yang sangat penting untuk dipahami. Riset keyword juga menjadi salah satu cara menulis artikel yang benar karena, isi dari informasi yang diberikan dibuat sesuai dengan kaidah dalam penulisan sebuah konten. Jadi, jika Anda ingin konten artikel yang dibuat masuk pada page one Google pahami riset keyword dengan benar.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik dan bermanfaat lainnya hanya di laman Jagoan Lanyard.