Biaya endorse selebgram menjadi perbincangan menarik di era digital saat ini. Sejak munculnya sosial media, semua orang bisa terkenal meskipun tidak melalui tayangan televisi. Setelah terkenal dan mulai banyak follower, yang bersangkutan bisa menjadi selebgram dan mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Selain selebgram ada profesi lain di sosial media yang tak kalah menarik, yaitu influencer. Meskipun terkesan sama karena berada pada ranah yang sama namun keduanya berbeda. Jika selebgram hanya memberikan penawaran sebuah produk, influencer lebih pada mereka yang memberikan pengaruh.

Jika selebgram dalam menawarkan sebuah produk kental dengan nuansa persuasif pada audiens, influencer tidak demikian. Biasanya mereka akan memberikan ruang advertising pada segmen tertentu, karena influencer biasanya juga mendapatkan dukungan dari sponsor.

Sosok seperti Anya Geraldin merupakan salah satu contoh selebgram di negeri ini. Sedangkan Najwa Shihab merupakan contoh influencer populer dengan mendapat banyak dukungan sponsorship.

Biaya endorse selebgram beragam, sumber : pixabay.com
Selebgram menjadi sarana bisnis saat ini, sumber : pixabay.com

Biaya Endorse Selebgram Pemula

Ditengah arus bisnis dan bermanfaatnya selebgram dalam mendongkraknya, biaya endorse selebgram bagi pemula sebaiknya anda tahu sebelum gunakan jasanya. Dan berikut biaya untuk tiap postingan foto :

Mikro I : Mulai 1.300.000 rupiah

  • Mikro II : Mulai 1.800.000 rupiah
  • Mikro III : Mulai 2.500.000 rupiah
  • Makro I : Mulai 4.500.000 rupiah
  • Makro II : Mulai 7.000.000 rupiah
  • Premium I : Mulai 9.500.000 rupiah
  • Premium II : Mulai 9.900.000 rupiah
  • Selebritis : Mulai 16.000.000 rupiah

Selain dari jenis endorse selebgram dari foto, ada juga jenis yang dibuat dengan video. Karena menggunakan effort yang lebih besar tentu memiliki harga yang lebih banyak pula. Dan berikut beberapa list harganya :

  • Mikro I : Mulai 2.700.000 rupiah
  • Mikro II : Mulai 4.000.000 rupiah
  • Makro I : Mulai 7.700.000 rupiah
  • Makro II : Mulai 12.300.000 rupiah
  • Premium : Mulai 13.000.000 rupiah
  • Selebriti : Mulai Rp 27 jutaan

Tentu harga tersebut berbeda jika menggunakan jasa selebgram yang memiliki latar belakang seorang artis. Beberapa artis seperti Raffi Ahmad mematok harga hingga 30 juta rupiah untuk satu kali unggahan. Selain memiliki efek lebih besar, menggunakan jasa artis biasanya juga akan menaikkan rating pada sebuah produk.

Biaya endorse selebgram sebaiknya disesuaikan dengan produk, sumber : unsplash.com
Biaya gunakan jasa selebgram beragam, sumber : unsplash.com

Namun tentu menggunakan jasa selebgram akan lebih tepat jika sesuai dengan sebuah produk. Sebagaimana jika orang menggunakan wanita cantik untuk produk kosmetik, produk fashion tertentu juga sebaiknya menggunakan selebgram yang tepat.

Contohnya jika anda ingin menggunakan jasa selebgram untuk fashion muslim, tentu menggunakan jasa selebgram para pendakwah adalah langkah yang tepat. Saat ini ada banyak pendakwah yang memiliki follower tidak kalah dari artis seperti Ustadz Felix Siaw, Ustadz Hannan Attaki ataupun Ustadz Abdul Shomad.

Berapa Follower Untuk Jadi Selebgram?

Sampai saat ini tidak ada batasan resmi terkait batas minimal follower seseorang disebut selebgram. Karena jika pemerintah telah menetapkan batasan tersebut, tentu akan melahirkan kebijakan-kebijakan tertentu. Baik aturan bagi mereka hingga kemungkinan diberlakukan pajak.

Namun jika mengacu apa yang telah dipublikasi oleh kumparantech, sebuah organisasi industri di Inggris menyatakan bahwa batas menjadi selebgram adalah memiliki 30.000 follower. Advertising Standards Authority (ASA) memberlakukan hal tersebut karena mereka bisa melakukan iklan dengan pengikut sebanyak itu.

Sehingga setelah ditentukan batasan tersebut, pemerintah Inggris melarang bagi para selebgram untuk mengiklankan obat tertentu. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti di Indonesia juga akan diberlakukan hal yang sama.

Biaya endorse selebgram terpengaruh popularitas, sumber : pixabay.com
Belum ada batasan pasti seseorang dapat disebut selebgram, sumber : pixabay.com

Tips Jika Ingin Endorse Selebgram

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa selebgram, sebaiknya anda melakukan langkah berikut agar yang anda lakukan lebih optimal :

1. Sesuaikan Produk Dan Profil Selebgram

Hal pertama sebelum anda memutuskan menghubungi selebgram tertentu, akan lebih baik jika anda menyesuaikan produk anda. Jangan tergiur dengan selebgram yang memiliki follower banyak namun tidak sesuai dengan produk anda. Misalkan jika produk anda adalah fashion dakwah, tentu tidak nyambung bukan jika anda menggunakan jasa selebgram kecantikan?

Selain itu anda juga bisa melihat kecenderungan selebgram tersebut. Jika anda memiliki produk olahraga, anda bisa endorse selebgram penyuka olahraga. Hal tersebut agar penawaran yang dilakukan lebih maksimal.

2. Pastikan Interaktifnya

Selanjutnya anda juga mengecek bagaimana interaksi dengan follower yang dimiliki. Hal tersebut untuk menghindari menggunakan jasa selebgram pemilik banyak follower namun hasil membeli. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap produk yang akan ditawarkan nantinya. Saat selebgram memiliki banyak like serta komen itulah salah satu tanda follower yang dimiliki asli karena menyukai selebgram tersebut.

Biaya endorse selebgram lebih efektif jika sesuai produk dan selebgram, sumber : unsplash.com
Gunakan jasa selegram tidak boleh sembarangan, sumber : unsplash.com

3. Perhatikan Kualitas Konten

Jika tidak menggunakan selebgram yang berlatar belakang artis ada baiknya melihat kualitas konten yang dibuat. Semakin baik kualitas konten akan semakin berpengaruh terhadap produk anda nantinya. Konten sembarangan meski memiliki banyak follower terkadang tidak efektif untuk sebuah produk meski efektif bagi sang selebgram.

Efektifkan Endorse Selebgram Dengan Langkah Berikut

Sebaiknya jangan berhenti dengan menggunakan endorse selebgram agar produk anda lebih dikenal. Saat ini ada jasa press release yang mampu menyebarkan informasi lebih luas baik dengan media online maupun media cetak. Jika anda menggunakan selebgram, akan lebih maksimal jika informasinya diteruskan dengan langkah ini.

Press release atau yang juga dikenal dengan siaran pers saat ini tidak terbatas sebagai media penyebarluasan informasi. Namun bisa digunakan untuk pengumuman. launching produk ataupun promosi sebuah brand.

Dengan menggunakan bantuan dari jurnalis, informasi yang disebarkan lebih halus dalam susunan bahasa. Selain itu juga diberikan pengetahuan tertentu yang bisa dijadikan tambahan wawasan baik bagi pembaca maupun pendengar.

Kami PT. Jogjakreasi siap membantu anda jika ingin maksimalkan endorse selebgram anda dengan press release. Memiliki tenaga kompeten dalam bidang ini, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk berikan layanan memuaskan bagi anda.