Era digital memberi kesempatan tak terbatas bagi para pebisnis untuk menjangkau target pasar yang luas dan tak terbatas. Guna membantu bersaing di tengah pasar bebas tersebut, Anda perlu menerapkan strategi branding yang efektif.

Hal tersebut merupakan kunci untuk memperkuat kredibilitas bisnis di mata pelanggan maupun pesaing. Bagaimana bisa hal itu mempengaruhi? Temukan jawabannya di bawah ini, lalu terapkan dan rasakan pengaruh positifnya agar bisnis dapat meraih sukses yang berkelanjutan.

Apa itu Branding?

Apa itu branding, Sumber: sampoernauniversity.ac.id
Apa itu branding, Sumber: sampoernauniversity.ac.id

Branding berasal dari kata brand yang berarti entitas, merek, atau institusi. Setiap brand memiliki citra atau image yang dipersepsikan orang-orang sekitarnya. Maka, dapat disimpulkan bahwa branding adalah proses pembentukan citra sebuah merek/brand. 

Citra merek merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek, yang dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu. Dengan kata lain, apa yang dilihat, didengar, dibaca, disampaikan, dan diterima konsumen terhadap merek Anda, maka dari situlah citra merek Anda terbentuk.

Supaya tercapai branding yang sukses, maka penerapan strategi harus dilakukan dalam bisnis. Jika berhasil, maka brand Anda akan dikenal dan sukses seperti beberapa brand ternama berikut: 

  • Optika Lunett berhasil menciptakan persepsi sebagai brand kacamata karyawan korporat yang kece.
  • Kopi Kenangan berhasil menciptakan persepsi sebagai brand kopi alternatif Starbuck dengan rasa yang enak dan harganya pas di kantong.
  • New Jeans (girl group asal Korea Selatan) berhasil menciptakan persepsi sebagai brand idol K-Pop-nya Gen-Z.

Sekarang, coba Anda pikirkan, Anda ingin brand Anda terkenal sebagai apa? Anda bisa menggunakan konsep brand positioning, yakni sebuah konsep bagaimana sebuah brand memposisikan dirinya agar dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di mata pelanggan.

Dengan kata lain, branding sebenarnya dapat memudahkan pelanggan mengambil keputusan untuk segera mempercayai Anda sebagai brand pilihan yang dinilai mampu memenuhi kebutuhannya.

Kenapa Branding Penting?

Pentingnya branding bagi sebuah produk, Sumber: brandknewmag.com
Pentingnya branding bagi sebuah produk, Sumber: brandknewmag.com

Terkait pertanyaan mengenai pentingnya persepsi yang mau dibentuk, tak jarang muncul rasa penasaran para pebisnis soal mengapa harus repot melakukan branding jika yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis adalah seberapa sering memasarkannya dan memasang iklan.

Perlu Anda ketahui, memasarkan (marketing), memasang iklan (advertising), dan membentuk citra (branding), itu berbeda.

MarketingAdvertisingBranding
“Kami menawarkan kopi kekinian yang murah.”“Kami menawarkan kopi kekinian yang murah.”“Kami menawarkan kopi kekinian yang murah.”“Kami menawarkan kopi kekinian yang murah.”Membuat orang jadi tahu, kalau brand Anda menawarkan kopi kekinian yang murah.

Selain membentuk persepsi, branding juga sangat bermanfaat untuk mencegah bisnis Anda dari sekadar komoditas yang selalu mengandalkan harga murah. Maka, jangan heran, mengapa gamis yang bagus di pasar harganya bisa lebih murah dibanding gamis biasa yang dikeluarkan brand ternama. Inilah efek dari branding. 

Strategi Branding yang Bisa Dilakukan

Strategi dalam membangun branding, Sumber: vistek.id
Strategi dalam membangun branding, Sumber: vistek.id

Berikut kami berikan macam-macam strategi branding yang efektif untuk branding bisnis secara digital dan sesuai perilaku target pasar.

1. Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat penting untuk strategi branding digital. Dengan aktif berpartisipasi di platform seperti Instagram, TikTok dan Twitter, maka tercipta interaksi yang kuat dengan pelanggan serta sebagai upaya efektif untuk menyebarkan pesan merek.

Nah, kunci sukses dalam branding melalui media sosial yaitu dengan membuat konten kreatif dan relevan serta memasang iklan.

2. Website

Website dapat memuat semua informasi dan pengalaman merek guna menciptakan persepsi yang ingin Anda ciptakan. Bukan hanya melalui informasi tentang produk dan layanan, branding melalui website juga dapat menciptakan kesan pertama yang kuat. 

Caranya yaitu dengan menjaga konsistensi desain, nilai-nilai merek yang tercantum dalam visi dan misi, hingga pesan yang disampaikan dalam unggahan artikel blog website. Dengan demikian, terciptalah kredibilitas merek yang kuat dan terbangun hubungan solid dengan pelanggan online.

3. Kolaborasi

Kolaborasi dengan influencer atau merek lain yang memiliki audiens relevan juga termasuk strategi branding yang kuat. 

Cara ini dapat memperluas jangkauan target pasar dengan tepat, serta menciptakan kesan positif. Kolaborasi ini dapat berupa giveaway,  membuat konten bersama atau event yang dapat menciptakan dampak signifikan pada citra merek.

4. Brand Activation, Imagery dan Voice

Brand activation, imagery, dan voice adalah elemen penting dalam menciptakan pengalaman merek yang saling berpadu. Brand activation melibatkan aktivitas yang meningkatkan keterlibatan pelanggan dan menciptakan hubungan lebih dalam dengan merek. 

Sementara imagery dan voice melibatkan desain visual (konten media sosial, ilustrasi, media cetak) dan suara merek (tagline, gaya komunikasi) yang mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian bisnis. Kombinasi ketiga elemen ini dapat membentuk citra merek yang kuat dan konsisten di seluruh platform digital.

5. Menggunakan Jasa Press Release

Menggunakan jasa press release merupakan cara branding yang berguna untuk mendapatkan eksposur lebih besar dari media.

Dengan merancang dan mendistribusikan pers release yang berkualitas, baik itu tentang berita, pencapaian, launching produk baru, dan apapun soal perkembangan bisnis Anda, maka akan tumbuh pengaruh untuk membangun kepercayaan serta citra merek yang kuat di mata publik.

Dari beberapa macam strategi branding yang bisa diterapkan, dapat dilihat pentingnya branding melalui berbagai media guna memaksimalkan goal yang diharapkan.

Jogja Kreasi: Pilihan Jasa Press Release yang Efektif untuk Strategi Branding

Jasa Press Release Jogja Kreasi, Sumber: jogjakreasi.com
Jasa Press Release Jogja Kreasi, Sumber: jogjakreasi.com

Jogja Kreasi adalah pilihan yang sangat efektif ketika mencari jasa press release yang mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. 

Dengan pengalaman dan keahlian yang dimiliki di bidang jurnalistik dan konten kreator, Jogja Kreasi mampu menerbitkan press release yang menarik perhatian media dan juga pembaca. Serta tetap memastikan bahwa pesan yang disampaikan selaras dengan tujuan bisnis Anda.

Bersama jasa press release Jogja Kreasi, bangun strategi branding yang efektif untuk perkembangan dan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.