Di dunia usaha yang sudah semakin berkembang, kompetitor menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha. Dimana, berlomba-lomba untuk memberikan sebuah produk terbaik dan memiliki value lebih kepada para konsumen. Sehingga setiap pengusaha memiliki strateginya masing-masing agar bisa menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual. Salah satu strategi yang kini telah banyak digunakan adalah brand positioning.

Dengan adanya persaingan dalam sebuah usaha maka, strategi marketing sangat perlu untuk diterapkan. Karena terkenalnya sebuah usaha merupakan buah hasil dari penerapan strategi marketing yang tepat. Sehingga bagi Anda para pengusaha sangat penting untuk bisa mengetahui apa saja strategi marketing yang harus diterapkan.

Strategi marketing yang sudah banyak diterapkan oleh para pengusaha adalah brand positioning. Strategi ini dinilai sangat ampuh dalam meningkatkan jumlah penjualan yang dimana, juga akan berpengaruh pada jumlah konsumen. Inilah salah satu strategi yang harus bisa diterapkan bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis. 

Mengenal Brand Positioning

Ilustrasi konsep brand positioning, sumber jojonomic.com
Ilustrasi konsep brand positioning, sumber: jojonomic.com

Brand Positioning adalah salah satu strategi pemasaran (marketing) yang memiliki tujuan mengenalkan brand usaha lebih dekat kepada konsumen. Cara melakukannya adalah dengan membuat produk brand usaha memiliki manfaat dan value yang baik kepada konsumen. Pada akhirnya konsumen akan lebih mengingat brand usaha yang sudah dikenalkan lebih mudah.

Dengan kata lain strategi marketing adalah bagaimana Anda sebagai seorang pengusaha membuat brand mudah disukai oleh konsumen. Artinya jika konsumen sudah menggunakan produk dari usaha Anda akan terus menggunakannya. Maka, sangat penting untuk mengenalkan brand usaha sesuai dengan value yang akan didapatkan oleh konsumen.

Bila Anda salah dalam menggunakan strategi ini maka, kepercayaan konsumen akan susah didapatkan. Karena kepercayaan konsumen akan tetap terjaga bila produk dari brand usaha Anda memberikan manfaat dan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan dari konsumen. Sehingga dalam penerapan brand positioning perlu untuk diketahui lebih dalam lagi dan bagaimana cara melakukannya.

Karena strategi ini dinilai cukup efektif dalam memperkenalkan brand produk usaha kepada konsumen. Jadi, dalam melakukan brand positioning harus dengan pendekatan yang cerdas dan matang agar dalam penerapannya dapat berhasil. Meskipun terlihat cukup rumit, menjadi wajib bagi Anda sebagai seorang pengusaha untuk menerapkannya. Hal ini melihat kembali betapa ketatnya persaingan di dalam dunia usaha.

Jenis Brand Positioning

Membuat strategi marketing, sumber businessworld.in
Membuat strategi marketing, sumber: businessworld.in

Di dalam strategi brand positioning terdapat tiga jenis yang membedakannya diantaranya:

1. Price Based Positioning

Strategi ini mendorong usaha untuk menetapkan harga jual produk yang akan ditawarkan ke konsumen. Dimana, Anda dituntut untuk bisa memberikan harga sebaik mungkin dan menyesuaikan dengan kondisi pasar. Jika Anda bisa memberikan kualitas yang sama dengan kompetitor namun, dengan harga yang lebih terjangkau. Maka, konsumen akan lebih condong memilih brand produk  dari usaha Anda.

2. Convenience Based Positioning

Strategi ini mengharuskan Anda sebagai pengusaha untuk bisa memperkenalkan nilai lebih dari brand produk yang ditawarkan kepada konsumen. Dalam melakukan strategi ini ada baiknya jika mengetahui kelebihan brand Anda dari kompetitor. Dengan begitu Anda bisa lebih nyaman  memperkenalkan brand Anda kepada konsumen. Inilah strategi terbaik untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

3. Quality Based Positioning

Strategi terakhir yang bisa dimaksimalkan untuk membuat brand usaha Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Caranya adalah bagaimana Anda bisa membuat produk yang memiliki kualitas yang tinggi. Hal ini bisa Anda tunjukan kepada konsumen dari proses pemilihan bahan hingga produksi yang menggunakan mesin modern. 

Dengan begitu Anda bisa dengan mudah memberikan harga sesuai dengan kualitas dari produk. Karena konsumen sudah mengetahui bahwa kualitas yang akan mereka dapatkan akan sesuai dengan harganya. Jadi, selalu usahakan memberikan kualitas dari produk brand Anda kepada konsumen.

Manfaat Brand Positioning

Apa saja manfaat yang akan didapatkan bagi usaha yang menerapkan strategi dari brand positioning. Beberapa manfaatnya bisa Anda simak berikut ini diantaranya:

  • Mendorong perusahaan untuk menganalisis kompetitornya agar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari brandnya.
  • Meningkatkan loyalitas konsumen dari penggunaan produk  brand usaha yang ditawarkan.
  • Perusahaan dapat menentukan kualitas dan harga produk yang sesuai.
  • Efektif dalam melakukan penyaringan aspirasi dan kebutuhan konsumen atas brand produk yang dicari.

Langkah Brand Positioning

Proses melakukan brand positioning, sumber digitalschoolofmarketing.co.za
Proses melakukan branding, sumber: digitalschoolofmarketing.co.za

Dalam menerapkan strategi brand positioning tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa mengetahui caranya. Karena bila Anda menerapkannya tanpa didasari informasi yang cukup maka, bisa membuat strategi marketing dari usaha Anda menjadi gagal.

Dampak dari gagalnya menerapkan brand positioning adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dari brand usaha yang Anda tawarkan. Maka, penting bagi Anda sebagai yang ingin menerapkan strategi ini untuk dapat mengetahui caranya.

Berikut ini bisa Anda simak cara dalam menerapkan strategi brand positioning.

  • Temukan bagaimana brand Anda menempatkan diri di pasar atau di kepala konsumen saat ini.
  • Temukan pesaing-pesaing Anda terutama yang paling berkaitan dengan produk Anda. 
  • Mempelajari bagaimana para kompetitor tersebut menempatkan brand mereka di pasar.
  • Membandingkan posisi brand Anda dengan pesaing. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunikan brand Anda dan menemukan celah pada brand pesaing.
  • Mengembangkan ide untuk menempatkan posisi yang berbeda dan bernilai.
  • Membuat brand positioning statement. 
  • Menguji brand positioning statement yang telah dirancang.

Itulah penjelasan mengenai brand positioning yang merupakan strategi marketing terbaik. Bagi Anda yang ingin lebih memperkenalkan brand produk dari usaha yang sedang dijalankan. Sehingga menjadi sangat penting bagi Anda para pengusaha untuk mengetahui teknik marketing ini dan menerapkannya dengan cara yang benar.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Jogja Kreasi.