Untuk meningkatkan daya saing bisnis banyak hal yang harus bisa dipersiapkan bagi seorang pebisnis. Karena tidak hanya cukup dengan berjualan saja tanpa adanya banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing bisnis. Dalam dunia bisnis sudah bukan hal yang umum lagi mengenai kompetitor. Ini yang menjadikan brand awareness penting juga untuk strategi pemasaran.

Menjalani bisnis tentunya akan sangat memiliki kaitan erat dengan konsumen. Karena konsumen lah yang menjadi penilai terbaik akan keberhasilan produk atau jasa di pasaran. Jika produk bisnis mampu ditanamkan dalam benak pikiran mereka maka, akan sangat mudah diingat jika membutuhkannya kembali.

Disinilah peranan brand awareness yang perlu dilakukan bagi setiap pebisnis untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran. Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa disimak berikut ini.

Apa Itu Brand Awareness?

Proses branding, sumber localfinder.biz
Proses branding, sumber: localfinder.biz

Brand awareness atau kesadaran merek adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen. Terlebih bagi para konsumen yang telah menjadi target pemasaran produk atau jasa dari bisnis yang dijalankan.

Secara umum brand awareness menunjukkan bagaimana konsumen mengenali produk atau jasa yang dijual. Karena dari setiap pebisnis tentunya ingin produk yang dijual dapat digunakan oleh konsumen bukan hanya sekali. Artinya jika membutuhkannya  bisa membeli brand produk yang sama lagi tanpa mengganti brand.

Kini brand awareness tidak bisa dianggap biasa saja bagi Anda para pebisnis. Karena perannya di dalam dunia bisnis sangatlah menentukan tinggi atau rendahnya konsumen yang menggunakan produk yang dijual. Ditambah dengan tingkat persaingan kompetitor bisnis yang juga sangat ketat.

Kemunculannya bisa menjadi strategi marketing yang dapat membantu bisnis dalam bersaing menjual produk yang memiliki kualitas dan harga yang terbaik. Sehingga bagi Anda seorang pebisnis sangatlah penting untuk dapat mengetahui dengan baik tentang brand awareness.

Contoh sederhana dari brand awareness adalah brand dari Aqua yang merupakan produsen air mineral yang tentunya sudah santa terkenal. Walaupun ada brand air mineral lain namun, jika Anda meminta seseorang untuk memilih air mineral yang berkualitas maka, pilihan pertamanya bisa jadi Aqua. Alasan hal ini bisa terjadi sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Fungsi Brand Awareness

Berikut ini beberapa fungsi brand awareness diantaranya:

  • Menciptakan persepsi yang baik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menumbuhkan rasa kepercayaan dari pengalaman penggunaan brand produk.
  • Menciptakan jaringan dengan menjadi bahan diskusi atau saran kepada konsumen lainnya mengenai brand produk yang dijual.
  • Menciptakan asosiasi brand produk sebagai contoh atau kategori dalam penyampaian yang dilakukan kepada orang lain.
  • Membangun ekuitas merek kepada para konsumen agar menyadari dan menjadikan brand produk semakin berharga.

Mengapa Brand Awareness Itu Penting?

Ilustrasi diskusi strategi marketing, sumber feedvisor.com
Ilustrasi diskusi strategi marketing, sumber: feedvisor.com

Jika dianalogikan ada dua brand yang ditawarkan kepada Anda. Satunya brand yang kamu kenal dan satunya lagi adalah brand produk yang tidak dikenal. Dari dua brand produk yang ditawarkan kepada Anda mana yang akan dipilih? Pastinya Anda akan memilih brand produk yang dikenal.

Mengapa demikian? karena brand produk tersebut sudah terkenal dan menawarkan value dan kualitas yang terbaik kepada konsumen. Sehingga brand produk yang terkenal akan selalu diingatkan dan digunakan kembali jika dibutuhkan. Inilah mengapa brand awareness itu sangatlah penting diterapkan dalam bisnis. 

Dengan memiliki brand awareness bisnis yang dijalankan tentunya akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Jika konsumen sudah mengenal brand produk maka, bisa menjadi langganan dan dibeli kembali jika membutuhkannya. Disamping itu kepercayaan dari konsumen tetap harus dijaga terutama tetap terus memberikan kualitas terbaik dari brand produk.

Cara Mengetahui Brand Awareness Bisnis

Branding awarness coca-cola, sumber studyfinds.org
Branding awarness coca-cola, sumber: studyfinds.org

Jika Anda ingin tahu sejauh mana konsumen mengenai brand produk atau jasa yang dijual. Berikut ini bisa Anda ikuti beberapa caranya menurut Keller diantaranya:

1. Recall

Pada tahap indikator pertama adalah recall, Anda bisa tahu sejauh mana target pasar sejumlah brand dalam kategori tertentu. Misalnya, ketika ada seseorang ditanya mengenai “brand sepatu”, maka bisa saja orang tersebut menjawab Nike, Adidas, Puma, atau brand lain.

2. Recognition

Selanjutnya pada recognition, ingatan konsumen tentang brand menjadi sedikit lebih mendetail. Indikator recognition membantu pebisnis untuk tahu skala untuk mengenali satu brand tertentu. Misalnya logo merah khas minuman coca-cola, atau tagline makanan seperti “Indomie Seleraku…”, dan lain-lain.

3. Purchase Decision

Dua indikator sebelumnya adalah menunjukan bagaimana persepsi mereka (konsumen) tentang suatu brand terbentuk. Jika mereka sudah tahu dan diingat, maka faktor tersebut dapat menuntun pada purchase decision. Dalam indikator ini Anda sebagai pebisnis bisa tahu bagaimana mereka dalam mempertimbangkan satu brand tertentu untuk dibeli ketika membutuhkan produk tersebut.

4. Consumption

Tidak jauh berbeda dengan purchase decision, pada indikator consumption juga melibatkan keputusan dari pembeli konsumen. Namun, ada perbedaan yang harus Anda ketahui yaitu, konsumen memilih brand tertentu karena hal tersebut merupakan top of mind dari konsumen. Dengan kata lain, bila konsumen dihadapkan dengan satu kategori brand produk, maka indikator consumption akan terlihat dari brand mana yang paling pertama akan mereka pilih.

Itulah penjelasan mengenai brand awareness yang tentunya sudah menjadi salah satu strategi marketing yang harus bisa dikuasai dan diaplikasikan pada bisnis. Karena jika brand produk atau jasa yang dijual tidak dapat bersaing maka, bisnis yang dijalankan akan sangat sulit untuk berkembang terutama dari sisi konsumen.

Namun ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness dari produk bisnis. Caranya yaitu, dengan memanfaatkan jasa press release untuk membantu memperkenalkan brand atau jasa bisnis kepada banyak orang. Karena dengan penggunaan press release produk bisnis Anda akan lebih mudah diketahui dan dijangkau oleh banyak orang.
Jika Anda ingin menggunakan jasa press release serahkan saja pada kami Jogja Kreasi yang siap membantu semua kebutuhan sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Untuk info lebih lanjutnya bisa langsung hubungi pada kontak kami.