Masih jarang perusahaan menggunakan press release sebagai media informasi dan promosi. Jika diketahui dalam dunia public relation tidak akan pernah lepas dari yang namanya press release. Sehingga fungsi press release sangat penting untuk diketahui agar tepat menggunakannya dengan tepat sebagai media penyampaian informasi.

Dengan adanya press release perusahaan, lembaga, dan jenis usaha lainnya akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Karena di dalam press release disampaikan berbagai informasi baik mengenai produk, jasa, dan kegiatan dari sebuah perusahaan. Sehingga bisa meningkatkan jumlah client dan konsumen yang tentunya menjadi keuntungan dalam melakukan pemasaran.

Akan sangat disayangkan jika sebuah perusahaan tidak menggunakan press release sebagai media untuk menyampaikan informasi dan promosi. Karena jika tidak menggunakannya tentu akan menyulitkan masyarakat mengetahui akan keberadaan perusahaan atau usaha yang telah dijalankan. Jadi, sangat disarankan bagi perusahaan menggunakan press release.

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai fungsi press release bisa simak berbagai penjelasannya pada artikel ini. Dimana, Anda akan mengenal lebih dekat tentang press release yang sangat pentig bagi perusahaan atau lembaga untuk menggunakannya.

Arti Press Release

Ilustrasi press release, sumber prsay.prsa.org
Ilustrasi press release, sumber: prsay.prsa.org

Pada umumnya yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa press release adalah informasi yang dibuat dan disusun oleh Public Relations dari sebuah perusahaan atau lembaga. Ada bagian perusahaan yang memiliki tugas untuk menyampaikan informasi dan promosi kepada masyarakat luas. Bagian ini biasanya disebut dengan Humas (Hubungan Masyarakat) disuatu industri, lembaga, dan organisasi.

Pada pengertian yang sebenarnya press release merupakan sebuah berita untuk surat kabar atau media massa. Ini adalah pengertiannya secara formal namun, dengan seiring berkembangnya teknologi informasi dan tuntutan dari kebutuhan. Press release bisa digunakan juga sebagai media promosi dari perusahaan.

Penggunaan press release sebagai media promosi tidak sama persis dengan sistem promosi marketing. Sehingga sering disebut dengan istilah soft selling karena mempromosikan secara informatif tanpa adanya tekanan harus membeli. Dengan kata lain jika tertarik dan sesuai dengan kebutuhan bisa menjadi solusi untuk menggunakannya.

Informasi yang disampaikan itulah dinamakan press release. Degan adanya press release sehingga, berbagai informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat dan mengetahui dengan jelas. Bukan hanya saja masyarakat yang menerima tapi, perusahaan lain juga bisa mengetahui tentangt informasi tersebut.

Peyampaian press release dilakukan melelalui beberapa media penyiaran seperti televisi, radio, majalah, surat kabar, dan lain-lain. Hal ini merupakan cara yang masif untuk menyebarkan press release dari perusahaan. Disamping itu juga ada cara yang jangan sampai terlewatkan yaitu, menyebarkannya melalui media online.

Tujuan Press Release

Press release bagian dari media promosi, sumber iklanpro.id
Press release bagian dari media promosi, sumber: iklanpro.id

Sudah sangat jelas bahwa tujuan press release adalah untuk menyampaikan berbagai kumpulan informasi mengenai layanan, produk, dan kegiatan dari sebuah perusahaan. Sehingga masyarakat dan perusahaan lainnya bisa mengetahui akan informasi yang disampaikan.

Press release juga sangat baik untuk dijadikan sebagai branding dari perusahaan. Karena semakin bagus press release yang dibuat bisa membuat pembaca menjadi nyaman saat menyimak informasi yang disampaikan. Jika berhasil mengundang banyak pembaca dari press release yang dibuat maka, persuahaan akan lebih mudah dikenal.

Dengan semakin terkenalnya perusahaan akan memberi dampak positif lainnya. Salah satunya seperti produk atau layanan dari sebuah perusahaan mudah dikenal oleh banyak orang. Sehingga press release bisa menjadi salah satu cara terabaik untuk memperkenalkan perusahaan ke banyak orang.

Terutama bagi perusahaan atau usaha yang baru berdiri tentu akan melakukan banyak cara untuk memperkenalkan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menggunakan press release akan sangat membantu dengan cepat untuk mempromosikan perusahaan ke banyak orang. 

Fungsi Press Release

Dengan terus berkembanganya zaman ke arah yang lebih modern dan canggih. Dimana, media informasi sudah semakin mudah diakses melalui genggaman tangan. Karena era sekarang semua sudah serba diakses melalui online secara cepat salah satunya adalah media informasi.

Dari sinilah fungsi press release sangat dibutuhkan untuk dapat memperkenalkan perusahaan ke banyak orang dengan mudah dan cepat. Ditambah penyampaiannya yang informatif dan berasal dari sumber yang jelas yaitu, dari perusahaan langsung tanpa melalui perantara. Tentu akan membuat siapa saja yang melihatnya akan tertarik untuk mencari tahu karena diberikan secara akurat.

Inilah yang menjadi jawaban jika ada pertanyaan kenapa sebuah perusahaan atau lembaga membutuhkan press release. Dengan mengikuti perkembangan zaman dan perilaku masyarakat dalam menggunakan teknologi. Tentu akan membuat perusahaan dapat dikenal dengan mudah karena sudah dikenal secara luas dan terpercaya.

Manfaat Press Release

Tampilan press release, sumber threegirlsmedia.com
Tampilan press release, sumber: threegirlsmedia.com

Ada banyak manfaat press release yang bisa didapatkan untuk membuat perusahaan atau usaha yang dijalankan dikenal oleh siapa saja terutama konsumen dan client. Lalu apa saja manfaatnya bisa disimak pada beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Reputasi

Di dalam press release memuat berbagai informasi yang informatif dan jelas sehingga, membuat siapa saja menjadi lebih tertarik membacanya. Dari sini akan meningkatkan kepercayaan dari masyarakat. Karena informasi yang diberikan meningkatkan branding dari perusahaan secara lebih positif.

Bila dibandingkan dengan layanan iklan biasa press release jauh lebih unggul. Walaupun, tidak terlalu memperlihatkan marketing seperti pada iklan yang memberi daya tarik berlebih. Sehingga terkadang membuat beberapa masyarakat menjadi kurang nyaman saat membacanya.

Inilah mengapa manfaat press release sangat bagus untuk meningkatkan reputasi dari perusahaan terutama dalam hal branding. Ketika sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat harus tetap terus dijaga. Baik dari produk dan layanan yang ditawarkan harus sesuai. Ditamabah dengan press release yang dibuat harus selalu menyampaikan informasi yang akurat. 

2. Mengandung Nilai Iklan

Walaupun dibuat secara formal dan informatif press release juga bisa digunakan sebagai sarana periklanan. Hanya saja perlu untuk diperhatikan saat menyampaikan iklan jangan sampai mengganggu redaksi lainnya. Buatlah sebaik mungkin dan tetap mengutamakan kenyamanan masyarakat dalam membacanya.

jadi, penggunaan press release bukan hanya digunakan sebagai penyampaian informasi saja. Manfaat lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah sebagai media promosi produk atau layanan. Sehingga bisa lebih efektif dalam meningkatkan konsumen dan client dari perusahaan.

3. Memiliki Target Audiens yang Lebih Luas

Banyak media yang digunakan untuk menerbitkan press release sehingga, jangkauan audiens akan jauh lebih luas. Setiap media tentunya memimiliki pembacanya masing-masing dari berbagai kalangan usia. Ditambah dalam penerbitan press release biasanya dilakukan secara hampir bersamaan.

Agar semakin menambah keyakinan pembaca dari berbagai kalangan usia. Sangat penting untuk membuat press release yang menarik dan nyaman dibaca oleh siapa saja. Sehingga pada saat press release diterbitkan bisa menarik banyak orang untuk membacanya.

4. Biayanya yang Terjangkau

Jika dibandingkan dengan iklan pada umumnya harga dari layanan press release jauh lebih terjangkau. Ditambah dengan pembuatannya berfokus pada target audiens yang cocok dengan produk atau layanan dari perusahaan. Sehingga hasil yang diharapkan bisa lebih optimal dan meningkatkan nilai jual dari brand perusahaan.

Dengan menggunakan press release bisa membantu perusahaan menghemat budget periklanan. Walaupun sudah menggunakan press release tetap saja, harus dibantu dengan periklanan agar bisa mengoptimalkan berbagai lini untuk meningkatkan jumlah konsumen dan client dari perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Press Release

Struktur penulisan press release, sumber kibrispdr.org
Struktur penulisan press release, sumber: kibrispdr.org

Dalam menerbitkan press release ada cara yang harus dilalui terlebih dahulu yaitu, pembuatan. Dimana, harus bisa dibuat secara baik dan benar agar pada saat diterbitkan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Kini sudah ada jasa press release yang bisa digunakan bagi Anda yang belum mahir dalam menyusun dan membuatnya. Namun, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan press release yang baik dan benar berikut ini bisa disimak pejelasannya.

1. Mencari Intisari Dasar Berita (Topik Pembahasan)

Bukan hanya dalam pembuatan press release saja berbagai berita lainnya juga pastinya akan menentukan topik pembahasannya terlebih dahulu. Dengan mengetahui topik atau tema yang akan dibahas tentunya akan sanagat membantu dalam menyusun press release dengan mudah.

Untuk topik pembahasan bisa disesuaikan dengan trend yang sedang banyak diperbincangkan. Jangan lupa untuk membuatnya ke dalam judul tema yang menarik untuk menjadi daya tarik sehingga, banyak yang membacanya. Serta gunakan bahasa yang tidak terlalu kaku hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memahami informasi yang disampaikan.

2. Menggunakan Tata Cara Piramida Terbalik

Dengan menggunakan tata cara primida terbalik berbagai informasi yang disampaikan lewat press release akan lebih menarik minat masyarakat untuk membacanya samapai selesai. Bukan hanya menghasilkan tulisan yang menarik tapi, juga memberikan tulisan yang lebih bermutu.

Bagian awal press release ada konten setelah itu ada judul utama, dan sub judul yang bisa diisi dengan lead (news lead). Dari sinilah bisa disusun secara teratur dengan berbagai paragraf yang dapat menjelaskan dari topik atau tema yang telah ditentukan untuk dibahas. Inilah tata cara penulisan press release dengan teknik piramida terbalik.

3. Sertakan Faktor 5W+1H di Dalam Isi Pembahasan

Penggunaan 5W+1H sangat berguna untuk disertakan di dalam isi pembahasan press release yang dibuat. Hal ini bertujuan untuk membudahkan pembaca mengetahui informasi yang disampaikan dengan tepat dan benar. Selain itu  dengan menggunakan 5W+1H inti atau garis besar informasi dari press release dapat tersamapaikan.

Bisa disimak berikut ini struktur dari 5W+1H untuk dapat mengingatnya kembali.

  • What (Apa). Ialah informasi  apa yang hendak kalian sampaikan.
  • When (Kapan). Kapan aktivitas tersebut berlangsung
  • Who (Siapa). Siapa yang mengadakan aktivitas tersebut
  • Where (Di Mana). Di mana aktivitas tersebut dilaksanakan.
  • Why (Mengapa). Mengapa aktivitas tersebut dilaksanakan.
  • How (Bagaimana). Bagaimana detail  aktivitas yang dilaksanakan.

4. Gunakan Ilustrasi Gambar

Untuk mendukung berbagai informasi yang disampaikan di dalam press release agar lebih mudah dipahami dan menarik. Jangan lupa untuk sertakan juga ilustrasi gambar yang sesuai dengan pembahasan pada sub judul. Penambahan ilustrasi gambar diperhatikan juga artinya tidak setiap sub judul diberikan tapi, disesuaikan agar tampilan dari press release tetap terlihat rapi dan informatif.

5. Lakukan Riview Jika Sudah Selesai

Jika sudah selesai menyusun press release jangan lupa untuk mereviewnya kemabali. Hal ini dilakukan untuk menyakinkan kembali bahwa informasi yang disampaikan sudah sesuai dengan topik pemabahasan (tema). Selain itu, juga bisa krosschek kembali kata yang typo (salah pengetikan) agar tetap nyaman saat dibaca oleh masyarakat.

Dari penjelasan di atas tentunya bisa membuat Anda semakin mengenal fungsi press release yang digunakan sebagai media promosi terbaik. Bukan hanya itu press release ternyata memiliki tujuan utama untuk menyampaikan berbagai informasi perusahaan atau usaha secara akurat dan jelas.

Jika Anda sedang mencari penyedia jasa press release yang berpengalaman langsung saja untuk membuatnya di Jogja Kreasi. Semua jenis press release bisa dikerjakan sesuai dengan brand dari perusahaan Anda. Dibantu  oleh orang yang sudah berpengalaman dibidangnya tentu akan mengahsillkan press release yang menarik dan bermutu.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu update berbagai informasi menarik lainnya hanya di laman Jogja Kreasi.