Pernahkah anda melihat kegiatan sosial yang dilakukan oleh sebuah perusahaan? Kegiatan tersebut selain berdampak positif pada lingkungan dan masyarakat, juga akan menaikkan citra baik sebuah perusahaan. Manfaat CSR yang dapat dirasakan bersama tersebut menjadi alasan program ini tetap berjalan hingga kini.
Bakti sosial merupakan salah satu bagian CSR yang sering dilakukan. Namun sebagai bentuk alokasi dana perusahaan untuk kegiatan sosial, program ini sebenarnya dapat diwujudkan pada aspek yang lebih luas. Bisa untuk urusan pendidikan seperti beasiswa, penanaman bibit pohon dan lain sebagainya.
Saat kegiatan ini berlangsung banyak yang memuatnya dalam berbagai media. Baik media cetak seperti majalah dan koran, ataupun media online seperti internet. Selain itu ada juga yang memanfaatkan media massa seperti jasa press release agar penyampaian informasi lebih efektif dan luas.
Apa Itu CSR?
CSR merupakan singkatan dari Corporate Social Responsibility. Khan (2012) mendefinisikan program ini merupakan perilaku ramah pada cakupan yang cukup luas meliputi sadar etika, ramah lingkungan, ramah karyawan dan lain-lain. Sedangkan Elhague (2005) mendeskripsikan bahwa program ini merupakan “pengorbanan” profit demi kepentingan sosial.
Namun secara sederhana, CSR merupakan konsep tanggung jawab sebuah perusahaan yang diimplementasikan dalam tindakan nyata berupa kegiatan sosial di lingkungannya berada. Kegiatan yang dilakukan bisa melalui cara pengajuan proposal, atau pihak perusahaan sendiri yang mengadakan.
Karena memiliki manfaat terhadap perusahaan, biasanya mereka telah menyiapkan alokasi dananya. Dana tersebut dapat dikeluarkan sebelum dilaksanakannya tutup buku. Sehingga jika ada proposal masuk untuk menggunakan dana CSR, perusahaan akan mengeluarkannya sesuai kebutuhan yang diajukan.
Amat disayangkan jika fasilitas ini tidak digunakan sebaik mungkin. Namun bagi anda yang ingin mengajukan proposal pada sebuah perusahaan dengan tujuan CSR, anda harus mencari informasi terkait perusahaan yang anda tuju. Walaupun program ini adalah tanggung jawab sosial perusahaan, namun biasanya dana akan lebih mudah keluar pada kegiatan terkait.
Manfaat CSR Bagi Perusahaan Dan Masyarakat
Sebagaimana yang telah disinggung di atas program memiliki dampak positif pada perusahaan. Dan berikut adalah manfaat CSR untuk perusahaan:
- Meningkatkan citra positif perusahaan di mata masyarakat.
- Memperkuat brand sebuah perusahaan di mata publik.
- Dapat menjadi sarana pembuka kerjasama baru antara perusahaan dengan pihak lain
- Meningkatkan kesejahteraan bagi karyawan maupun lembaga sekitar perusahaan.
- Menjaga lingkungan dari kerusakan besar yang berpengaruh pada keseimbangan ekosistem.
- Menjamin keterpeliharaan fasilitas umum.
- Ikut mewujudkan misi pencerdasan kehidupan bangsa.
- Menumbuhkan karakteristik khas yang menjadikan beda dengan perusahaan lain.
Setidaknya beberapa poin itulah yang didapatkan dari aktivitas CSR sebuah perusahaan. Walaupun seolah-olah perusahaan mengeluarkan dana namun tidak mendapat feedback berupa barang, namun kepercayaan manusia adalah faktor utama.
Benarkah Manfaat CSR Bisa Memaksimalkan Branding Perusahaan?
Kinerja CSR untuk menguatkan daya beli konsumen pada sebuah produk memang sulit diukur hingga saat ini. Karena sifat manusiawi tidak akan mudah langsung percaya dengan sebuah fenomena jika hanya terjadi sekali atau dua kali. Dengan demikian aktivitas CSR meskipun skala kecil namun dilakukan berulang akan lebih mengena bagi calon konsumen.
Branding adalah aktivitas perusahaan yang begitu penting hingga saat ini. Karena melalui aktivitas tersebut sebuah perusahaan akan mendapatkan konsumennya. Sehingga dalam sebuah branding, perusahaan akan melakukan banyak cara yang salah satunya adalah marketing.
Marketing yang dilakukan pada dasarnya bertujuan mendapatkan kepercayaan calon konsumen. Biaya marketing pun seringkali sangat besar. Disamping langkah tersebut CSR adalah cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan kepercayaan calon pembeli.
CSR yang kegiatan utamanya adalah urusan sosial, jika dilakukan dengan intensitas rutin bisa menumbuhkan rasa kepercayaan tersebut. Pada dasarnya manusia sebagai makhluk sosial, akan sangat merasa dihargai saat diberikan perhatian. Terlebih jika perhatian tersebut selain sering dilakukan juga dirasakan kebermanfaatannya.
Psikologi manusia akan menyampaikan informasi jika dirasa berkenan di hatinya. Melalui CSR yang dirasa kebermanfaatannya, maka otomatis seseorang akan menyampaikan pada orang lain di sekitarnya. Terlebih selain melakukan kegiatan sosial tersebut, perusahaan yang bersangkutan tidak membuat dampak buruk baik bagi lingkungan dan kehidupan.
Cara Mendapat Branding Lebih Besar Dari CSR
Jika persebaran informasi akan manfaat CSR hanya antara manusia ke manusia lain tentu efeknya tidak akan begitu besar bagi branding perusahaan. Selain persebaran informasi lama prosesnya, pengaruhnya hanya berada di satu lingkungan saja. Padahal bisa jadi sebuah perusahaan telah memiliki banyak cabang di berbagai belahan daerah.
Maka untuk menguatkan citra perusahaan di semua daerah perlu langkah tertentu. Dimana kebahagiaan tersebut bisa dirasakan juga di daerah lain. Dengan bantuan kemajuan teknologi, aktivitas CSR di suatu tempat dapat diberitakan tidak hanya ke daerah lain namun juga ke seluruh dunia.
Pemberitaan yang dilakukan bukanlah bertujuan untuk mendapatkan sanjungan. Namun sebagai penegas kebermanfaatan. Bahwa ketika ada sebuah perusahaan yang dibuat, memiliki dampak positif bagi semua. Tidak sekedar bagi pemilik perusahaan ataupun pemangku jabatan yang terkait.
Selain itu akan lebih efektif jika turut disebarluaskan melalui press release media nasional. Terutama media terpercaya dan telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Program CSR yang dapat diberitakan disana akan lebih menguatkan branding sebuah perusahaan. Karena selain nyata manfaatnya, secara tidak langsung telah diakui pemerintah dengan media yang digunakan tersebut.
Itulah mengenai CSR dan yang berkaitan dengannya. Jika anda termasuk pemilik perusahaan dan akan melakukan program tersebut, kami PT. Jogjakreasi siap membantu anda dalam penanganan jasa press release. Pastikan aktivitas sosial tersebut menguatkan branding perusahaan anda.