Tidak bisa dipungkiri lagi zaman sekarang sudah banyak orang yang menerapkan strategi marketing untuk jualan online. Namun, tanpa disadari kegiatan jualan online bukan hanya dilakukan melalui media sosial dan marketplace saja. Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penjualan yaitu, dengan membuat website jualan sendiri.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan bila Anda selaku pebisnis membuat website jualan sendiri. Salah satu keuntungan yang Anda dapatkan adalah proses jualan barang/produk akan lebih mudah. Hal ini dikarenakan Anda sendiri atau bersama tim yang mengelola website toko online. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk memulai membuat website jualan sendiri.

Dalam membuat website jualan tidaklah rumit seperti apa yang Anda bayangkan. Karena sudah banyak tersedia platform website yang menggunakan Content Management System (CMS). Dimana, Anda bisa membuatnya dalam hitungan menit sudah jadi dan tinggal dilakukan build up untuk kustomisasi desain tampilannya agar lebih menarik.

Jika Anda ingin membuat website jualan dan bingung harus mulai dari mana? bisa simak berbagai penjelasan pada artikel ini.

Jenis Platform Website Jualan

Ada banyak jenis platform jualan online salah satunya adalah website yang bisa digunakan untuk membangun toko online Anda secara mandiri. Dari banyaknya website yang tersedia ada beberapa jenis website CMS yang sudah familiar dan banyak digunakan karena kemudahannya bagi para pengguna. 

Berikut ini beberapa platform website CMS yang sangat cocok bila ingin membuat toko online diantaranya:

1. WordPress

Tampilan WordPress, sumber masansoft.com
Tampilan WordPress, sumber: masansoft.com

Menjadi website CMS yang sudah sangat populer digunakan oleh banyak orang untuk membangun berbagai jenis website sesuai dengan kebutuhan. Salah satunya adalah untuk jualan online atau membuat toko online. WordPress memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya untuk berkreasi dengan ribuan pulgin yang telah disediakan.

Untuk membuat website di WordPress pun sangatlah mudah karena Anda hanya perlu membuat akun. Hal terbaiknya lagi adalah pembuatan akun dan akses WordPress sepenuhnya gratis. Hanya saja bila Anda ingin meningkatkan performa website jualan bisa dengan melakukan pembelian domain dan yang lainnya.

2. Wix.com

Website Wix.com, sumber hostinger.co.id
Website Wix.com, sumber: hostinger.co.id

Tersedia banyak template dan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Wix.com merupakan website CMS berbasis online untuk membuat berbagai jenis website. Jenis website CMS yang satu ini banyak yang menggunakannya untuk membuat website jualan.

Pembuatan akun dan akses di Wix.com gratis serta mudah juga digunakan terutama bagi Anda yang baru pertama kali membuat website. Jadi, sangat cocok digunakan untuk membangun website toko online bagi Anda yang belum terlalu mahir dengan bahasa pemrograman.

3. Weebly.com

Halaman sign up Weebly, sumber chrome.google.com
Halaman sign up Weebly, sumber: chrome.google.com

Salah satu website CMS yang template dan fitur-fitur disesuaikan dengan kebutuhan untuk membuat website jualan atau bisnis. Tujuan dari Weebly adalah agar memudahkan para penggunanya yang masih awam untuk membuat dan mengembangkan website. 

Untuk membuat akun dan mengakses Weebly.com pun tersedia secara gratis. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik untuk membangun website toko online yang kreatif dan semenarik mungkin. 

4. OpenCart

Tampilan awal website OpenCart, sumber hostinger.co.id
Tampilan awal website OpenCart, sumber: hostinger.co.id

Bila ingin membuat website jualan secara mandiri dan ingin membangunnya dari awal. OpenCart bisa menjadi salah satu pilihan website CMS yang rekomendasi. Karena Anda akan lebih dimudahkan dengan beragam template dan fitur pulgin yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda bisa membuat tampilan website toko online menjadi lebih menarik.

Sama dengan beberapa website CMS sebelumnya OpenCart juga tersedia secara gratis. Selain itu, banyak hal yang bisa dialakukan untuk membuat tampilan produk di website terlihat menarik bagi para pengunjung saat mengakses toko online Anda.

Cara Membuat Website Jualan

Membuat website online sebenarnya tidaklah begitu sulit karena, Anda hanya perlu memahami dan mengetahui bagaimana cara untuk mengaksesnya. Langsung saja bisa Anda ikuti beberapa langkah cara membuat website online berikut ini.

1. Beli Nama Domain dan Web Hosting

Nama domain yang sering digunakan, sumber buatweb.co.id
Nama domain yang sering digunakan, sumber: buatweb.co.id

Hal yang pertama kali yang perlu untuk Anda lakukan adalah beli nama domain dan hosting. Karena fungsinya sangat penting untuk membangun dan kustomisasi tampilan website jualan agar terlihat lebih menarik,  keren, dan mudah diakses oleh pengunjung. 

Dimana, fungsi dari domain sebagai identitas server website pengguna. Sedangkan untuk hosting memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan data atau file dari sebuah aplikasi atau website secara online. Sudah banyak jasa yang menyediakan layanan hosting yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dari website toko online yang akan dikembangkan.

2. Install Website

Setelah Anda berhasil membeli domain langkah selanjutnya adalah melakukan install webiste. Sebelum Install pastikan terlebih dahulu jenis website yang digunakan benar-benar sudah sesuai dengan kebutuhan. Dimana, bisa Anda pertimbangkan dari kemudahan penggunaannya dan tersedia berbagai fitur plugin untuk melakukan kustomisasi.

Proses install website dengan cara mendaftar akun Anda pada jenis website yang akan digunakan. Salah satu contohnya seperti WordPress, disana Anda akan diminta untuk mendaftar dan verifikasi akun agar bisa mengaksesnya. 

Jika telah berhasil terinstall jangan lupa untuk menghubungkan domain dengan server hosting. Cara untuk menghubungkannya biasanya sudah ada panduannya dari pihak jasa layanan hosting bagi para penggunanya. Sehingga Anda tak perlu bingung bagaimana cara untuk melakukannya.

3. Melakukan Install Plugin

Plugin WordPress, sumber hostinger.co.id
Plugin WordPress, sumber: hostinger.co.id

Jika sudah berhasil install website selanjutnya Anda sudah bisa melakukan pengembangan desain website. Untuk memudahkan dalam melakukan desain yang menarik bagi pengunjung  toko online Anda. Jangan lupa untuk memaksimalkan plugin yang telah tersedia pada webiste CMS yang Anda gunakan.

Banyak jenis plugin yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan pengunjung mengakses berbagai tampilan yang tersedia di laman toko online. Hal ini bertujuan agar proses pemesanan dan pembelian barang dapat dilakukan dengan mudah. Jika Anda menggunakan WordPress plugin yang cukup terkenal digunakan salah satunya adalah WooCommerce.

4. Menyempurnakan Desain Toko Online Anda

Ketika Anda sudah selesai melakukan pemasangan plugin dan melakukan berbagai settingan di website. Untuk dapat mempercantik tampilan website toko online jangan lupa untuk melakukan modifikasi temanya. Ada banyak tema yang tersedia dan bisa dipilih di laman webiste CMS. Disarankan menggunakan tema yang pas dan sesuai dengan toko online atau produk yang dijual.

Dengan melakukan modifikasi desain tema toko online Anda akan terlihat lebih menarik. Sehingga akan membuat para pengunjung yang mengakses website jualan Anda menjadi lebih lebih lama karena tertarik. Pada akhirnya akan membeli produk yang dicari di toko online Anda

5. Mulai Menjual Produk dan Memperkenalkan Toko Online Anda

Ilustrasi belanja online, sumber highlight.id
Ilustrasi belanja online, sumber: highlight.id

Jika Anda sudah menyelesaikan semua tahapan settingan website sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk pastikan kembali bahwa layanan website jualan yang sudah dibuat tidak mengalami error. Caranya adalah dengan mengakses domain dan tampilan interface dari website toko online.

Jika semuanya sudah aman dan tidak terjadi error pada layanan website. Tahap terakhir Anda sudah bisa menjual produk dan memperkenalkan toko online yang telah dibuat kepada siapa saja. Cara yang paling banyak digunakan  adalah dengan memperkenalkannya melalui media sosial.

Itulah cara membuat website jualan yang cukup mudah bila Anda mengikuti tahap pembuatannya dengan benar. Penggunaan website untuk kebutuhan bisnis sudah menjadi hal yang sangat penting digunakan untuk dapat bersaing di era teknologi yang semakin maju. Jadi, penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk mulai membuat website jualan.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan artikel press release untuk lebih memperkenalkan toko online kepada khalayak luas. Bisa langsung saja hubungi kami Jogja Kreasi yang siap membantu dan sudah sangat berpengalaman di bidang konten digital.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Jogja Kreasi.