Untuk Anda yang sering melakukan pemasaran dan sering pula bertransaksi secara online, sudah pasti sangat akrab dengan istilah satu ini! Ya, walaupun istilah testimoni ini sangat sering digunakan, namun tak jarang masih ada yang belum paham apa itu testimoni, bagaimana cara membuat testimoni dan manfaatnya dalam dunia bisnis.

Dalam dunia marketing dan advertising, testimoni adalah sebuah kesaksian seseorang yang pernah menggunakan produk kita, bisa berbentuk pujian atau kalimat-kalimat yang baik, dan bisa juga berbentuk keluhan atau masukkan karena produk tidak sesuai yang konsumen bayangkan.

Jadi, testimoni itu merupakan pernyataan atau sebuah pesan dari konsumen tentang pengalaman mereka selama bertransaksi dengan penjual, baik pengalaman yang berkaitan dengan kualitas barang dan jasa, maupun kualitas service atau pelayanan.

Contohnya, pada suatu saat ada seorang konsumen, katakanlah namanya Joko membeli produk kesehatan herbal secara online. Selama proses transaksi, mulai dari komunikasi, pembayaran sampai barang tersebut tiba di tangan Joko, semuanya berjalan secara normal dan ternyata setelah digunakan produk tersebut terbukti memiliki khasiat buat kesehatannya.

Sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus tanda bahagianya, Joko pun menghubungi penjual dan mengirim pesan, sesuai pengalamannya selama bertransaksi dan menggunakan produk kesehatan herbal tersebut bahwa dirinya merasa puas. Nah, inilah yang disebut dengan testimoni.

Cara membuat testimoni, sumber: google.com
Cara membuat testimoni, sumber: google.com

Cara Membuat Testimoni yang Menarik

Sekarang, khusus untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis bisa memanfaatkan testimoni ini sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan dan trust konsumen pada produk Anda. Jika ingin mencobanya, yuk lihat cara membuat testimoni yang bagus di bawah ini!

Memintanya dari Konsumen

Anda dapat memanfaatkan konsumen yang merasa puas dengan produk Anda untuk membuat sebuah testimoni. Testimoni yang Anda minta tersebut bisa dalam berbagai bentuk seperti tulisan pada kolom chat, suara dengan voice note atau berupa audio visual dengan sebuah video.

Biasanya, dengan modal kepuasan pada sebuah produk barang atau jasa yang Anda miliki, konsumen akan mau dengan sukarela apabila dimintai testimoninya tentang produk Anda. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan testimoni yang baik, yang bisa menunjang bisnis Anda, maka buatlah konsumen merasa puas.

Adapun beberapa poin yang bisa Anda mintakan kepada konsumen sertakan dalam testimoninya selain ungkapan rasa syukur dan kepuasannya pada produk Anda adalah me review keunggulan produk barang atau jasa yang mereka gunakan.

Memanfaatkan Riwayat Chat

Apabila Anda merasa segan untuk meminta testimoni dari konsumen secara terbuka. Maka Anda bisa memanfaatkan riwayat chat, yakni saat barang sudah sampai di tangan konsumen. Biasanya konsumen akan mengirimkan kabar berupa gambar dan tulisan bahwa barang beliannya telah diterima.

Chat wa, sumber: google.com
Chat wa, sumber: google.com

Nah, Anda bisa memanfaatkan beberapa chat yang mencitrakan kebaikan dari produk Anda untuk dipajang sebagai sebuah testimoni pelanggan. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa saat memintanya dari konsumen atau memanfaatkan riwayat chat, Anda mesti meminta izin terlebih dahulu kepada yang bersangkutan perihal testimoninya.

Membuat Testimoni Sendiri

Secara umum memang testimoni itu datang dari pihak kedua atau konsumen. Namun ternyata Anda sebagai pihak pertama atau penjual bisa membuat testimoni sendiri lho! Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah itu tidak termasuk manipulasi atau penipuan? Tentu saja tidak, karena yang Anda buat bukan dalam bentuk chat, melainkan berupa video.

Penggunaan video sebagai media promosi dan testimoni produk diyakini lebih efektif dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebab, mereka bisa melihat langsung produk dengan jelas, melihatnya dari berbagai sisi. Mulai dari bentuk, kemasan dan lain sebagainya.

Agar konsumen merasa yakin dan sedikit terbantu, Anda bisa membuat video testimoni tersebut dengan cara menjelaskan tips penggunaan produk. Anda pun bisa mereview kelebihan dan khasiat dari produk Anda jika digunakan oleh konsumen. Ini sangatlah penting bagi bisnis Anda, sebagaimana pentingnya membuat profil perusahaan.

Manfaat Testimoni Produk

Setelah mengetahui cara membuat testimoni, selanjutnya ketahuilah manfaatnya bagi bisnis Anda. Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Stay tune ya!

Dapat Meningkatkan Trust Konsumen

Testimoni dari konsumen bisa mempengaruhi pikiran dan emosi konsumen lainnya. Mereka akan lebih yakin dan percaya pada kualitas produk setelah mengetahui ada review positif dari orang lain. Dengannya, bisnis Anda memiliki reputasi yang baik dan rasa trust konsumen pun meningkat.

Konsumen, sumber: google.com
Konsumen, sumber: google.com

Sebagai Media Pemasaran

Pada intinya testimoni adalah model pemasaran yang cukup efektif bagi semua jenis bisnis. Selain sebagai media untuk meningkatkan rasa percaya konsumen, testimoni yang baik juga bisa menjadi alat pemasaran bisnis secara gratis.

Bisa Menjadi Bahan Iklan

Testimoni yang diberikan oleh konsumen bisa dalam berbagai bentuk, seperti screenshot pesan di WA, update statusnya di medsos, ulasan video di Tiktok dan Youtube dan berbagai bentuk lainnya. Apapun bentuknya, testimoni tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan iklan bisnis Anda.

Sebagai Bahan Evaluasi Bisnis

Sebagaimana yang kami jelaskan di atas, bahwa tidak selamanya testimoni dari pelanggan itu isi positif, kadangkala mengecewakan. Pada kasus seperti ini, maka Anda bisa memanfaatkan testimoni tersebut sebagai bahan untuk evaluasi bisnis Anda dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada sisi yang dikeluhkan.

Sebagai Apresiasi pada Konsumen

Saat Anda memajang testimoni dari konsumen, hal tersebut bisa disebut sebagai bentuk apresiasi Anda pada mereka. Dengannya, selain merasa puas, konsumen pun merasa dihargai oleh Anda. Dan efeknya mereka akan semakin loyal pada produk Anda.

Contoh Testimoni

Ketika Anda membuka sebuah iklan pada marketplace, maka akan ditemukan banyak sekali contoh testimoni di sana. Nah, berikut ini Jogja Kreasi berikan contoh testimoni tersebut untuk Anda.

“Kak, paketnya sudah datang, packaginnya aman. Sudah dibuka dan ternyata produkya original ya, ada barcode di kotak kemasan nya. Akan segera dicoba, semoga cocok. Terima kasih”

“Terima atas pelayanan driver selama 3 hari di Jogja mas Eko yg ramah dan sopan..selalu siap ngantar” ke tempat wisata.. insyaallah klo ke Jogja lg sy akan hubungi travel.. sy yg ikut rombongan bu mimi”

Nah, demikian ulasan mengenai cara membuat testimoni yang menarik. Semoga artikel ini bisa menjawab kebutuhan Anda. Btw, untuk Anda yang ingin memiliki video testimoni yang berkualitas, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan video dari Jogja Kreasi lho!. Hubungi admin untuk cek ketentuannya ya!