Sudah menjadi pengetahuan umum, dalam dunia bisnis volume penjualan adalah hal yang ingin diraih oleh setiap pelakunya. Namun, terkadang masih banyak dari mereka yang belum memahami cara untuk meningkatkan penjualan produk tersebut.

Nah, untuk Anda yang belum memiliki pengetahuan mengenai cara yang efektif dalam meningkatkan nilai atau volume penjualan, tulisan kali ini kami rasa sangat cocok menjadi konsumsi Anda. Yuk ikuti terus tulisan ini sampai selesai!

Meningkatkan Penjualan, Apakah Sulit?

Banyak perusahaan mengamalkan berbagai metode guna mendapatkan penjualan, mulai dari membangun relasi yang baik dengan konsumen sampai bermacam teknik marketing lain dengan tujuan utama mengembangkan bisnis. Karena memang, mendapatkan keuntungan merupakan salah satu inti dari sebuah usaha atau bisnis.

Menjalin relasi dan menggunakan teknik marketing merupakan dua hal yang umum dilakukan oleh pelaku usaha dan bisnis, sebagaimana yang juga biasa diajarkan dalam materi marketing mix Neil Borden, yakni 4P, Product, Price, Place dan Promotion. Dan belakangan berkembang lagi menjadi 7P yakni Product, Price, Place, Promotion, Process, People dan Physical Evidence.

Jika kita kaitkan peningkatan penjualan dengan marketing mix maka bisa dibilang meningkatkan penjualan itu gampang-gampang susah. Namun hal tersebut cukup masuk akal dan sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya, peningkatan volume penjualan dan meraih banyak profit.

Cara meningkatkan penjualan, sumber: google.com
Cara meningkatkan penjualan, sumber: google.com

Cara Meningkatkan Penjualan

Di tengah pertumbuhan ekonomi yang tidak menentu dan kompetisi dunia bisnis yang semakin memanas, rasa-rasanya sangat perlu bagi pelaku usaha untuk menyiapkan strategi bisnis sebagai cara untuk meningkatkan penjualan dan minimal untuk menjaga stabilitas bisnis yang ada.

Kerangka kerja awal yang perlu Anda lakukan sebelumnya adalah mencoba memperluas target, segmentasi dan jangkauan pasar dari bisnis Anda. Mungkin Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan di awal, namun tak mengapa, karena itu adalah bentuk investasi jangka panjang bisnis Anda. Adapun ciri dari produk dengan target, segmen dan jangkauan yang luas adalah:

  • Secara demografis, produk tersebut adalah produk yang bisa dipasarkan ke semua orang, mulai dari yang berusia 7-30 tahun, dari semua kelas sosial tanpa melihat ekonomi dan latar belakang pendidikan.
  • Dari segi geografis produk tersebut bisa menyasar semua konsumen, baik konsumen perkotaan maupun konsumen pedesaan, sehingga peluang lakunya di pasaran lebih besar.
  • Dan dari segmentasi psikografis produk tersebut mampu menargetkan semua orang dengan latar belakang emosional yang beraneka ragam. Sedih, marah, bahagia semuanya bisa dijangkau.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Jika Anda memposisikan diri sebagai seorang konsumen sebuah produk, di mana ada dua orang penjual dengan produk dan harga yang sama namun memberikan pelayanan yang berbeda. Yang satu pelayanannya biasa saja sedangkan yang satunya memberikan pelayanan yang sempurna dan Anda merasakan kenyamanan di sana.

Jika kondisinya seperti itu, maka apa yang akan lakukan sebagai seorang konsumen yang normal? Apakah memilih penjual dengan layanan yang biasa atau penjual dengan pelayanan yang memberikan rasa nyaman? Sampai di sini sudah terbayang oleh Anda letak pentingnya kualitas pelayanan bagi konsumen bukan!

Jaga kualitas pelayanan, sumber: google.com
Jaga kualitas pelayanan, sumber: google.com

Ada banyak bentuk pelayanan yang bisa Anda berikan untuk meraih hati konsumen. Seperti sapaan hangat dan ekspresi tubuh, termasuk juga fasilitas fisik seperti jumlah kasir, ruang tunggu, ruang ber AC atau akses wifi gratis. Semua pelayanan ini tentunya disesuaikan dengan bentuk dan jenis usaha yang Anda miliki.

Mendorong Repeat Business

Sekarang kebanyakan pengusaha hanya memikirkan tentang cara mendapatkan konsumen baru dan sering mengabaikan konsumen yang sudah ada. Anda sebenarnya bisa saja memanfaatkan konsumen yang sudah ada untuk melakukan repeat order produk Anda.

Cara satu ini dinilai cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dan wajib Anda coba. Caranya dengan tetap berinteraksi dengan konsumen, memberikan promo menarik untuk order kedua kalinya atau kode promo setelah pembelian pertama. Secara psikologis, promosi ini sangat berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh M. Gigih Made, promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Yang berarti bahwa semakin tinggi dan menarik promosi yang dilakukan maka akan semakin tinggi pula keputusan konsumen dalam melakukan pembelian dan berlangganan pada produk atau jasa tersebut.

Mengecek Ulang Harga

Sebuah bisnis atau usaha yang baik akan memberikan fasilitas pada konsumennya untuk memberikan masukan dan kritikan, baik secara terbuka maupun secara tertutup. Anda pun bisa mengetahui hal apa saja yang dikeluhkan oleh konsumen produk Anda. Salah satu faktor yang cukup sensitif pada konsumen kita kebanyakan adalah masalah harga.

Cek harga, sumber: google.com
Cek harga, sumber: google.com

Namun, ada juga sebagian orang yang tidak menjadikan harga sebagai masalah utama, yang penting kualitas dari produk tersebut sesuai ekspektasi yang mereka harapkan. Nah, di sinilah letak keseriusan pengusaha itu diuji, seberapa peka mereka pada kondisi konsumen yang beragam tersebut.

Sebagai sebuah saran, kami merekomendasikan Anda untuk menyesuaikan penetapan harga jual produk Anda dengan kualitas yang dimilikinya dan tentu saja menyesuaikannya dengan HPP atau harga pokok produksi Anda, agar Anda tetap mendapatkan untung dan tidak merugi.

Memberikan Informasi Produk

Cara meningkatkan penjualan satu ini cukup sederhana sebenarnya, namun sering dilupakan. Seseorang tergerak untuk memutuskan membeli produk Anda salah satu faktornya adalah adanya kejelasan informasi mengenai produk. Disini Anda bisa memanfaatkan media visual seperti katalog atau media virtual seperti info di laman website.

Sebagai tambahan, untuk Anda yang berjualan secara online selain kejelasan informasi tentang produk Anda juga mesti memajang foto atau gambar produk asli (bukan ilustrasi) dengan tampilan yang menarik guna meyakinkan dan menggerakkan konsumen untuk membelinya.

Memajang Testimoni atau Foto Konsumen

Testimoni adalah opini atau kesan-kesan dari konsumen yang sudah pernah menggunakan produk Anda. Pada katalog produk, Anda bisa memanfaatkan sedikit space untuk testimoni dari konsumen. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan foto dari pengguna produk, yang orang tersebut lumayan terkenal atau memiliki penggemar seperti pejabat, artis, tokoh agama, dst.

Pajang testimoni yang baik, sumber: google.com
Pajang testimoni yang baik, sumber: google.com

Menawarkan Paket Uji Coba (Gratis)

Terkadang calon konsumen Anda merasa ragu dengan produk yang Anda miliki. Nah, untuk menjawab masalah tersebut, jika memungkinkan Anda bisa menawarkan paket uji coba secara gratis kepada mereka. Selanjutnya Anda tinggal menunggu keputusannya, mereka kemungkinan besar akan melanjutkannya dengan pembelian.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan penjualan versi Jogja Kreasi. Selain memaksimalkan beberapa hal tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan media online untuk melakukan digital marketing produk. Anda pun bisa menggunakan jasa kami untuk membuat video promosi berbagai produk, jasa bahkan personal branding Anda. Cek harganya sekarang juga!