Cara membuat iklan media cetak sebenarnya sederhana, namun ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Seperti memperhatikan dengan benar-benar barang atau jasa yang akan diiklankan, apakah bisa menarik pembaca untuk membelinya atau menggunakannya.

Lalu bagaimana cara membuat iklan media cetak yang menarik tapi mudah ditiru?

Sebelum kita membahas cara membuat iklan media cetak, tidak ada salahnya kita mengenal terlebih dahulu mengenai iklan media cetak.

Apa itu Iklan Media Cetak?

Supaya bisa memanfaatkan iklan media cetak dengan baik, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu iklan media cetak.

Iklan adalah berita pesanan untuk mengajak atau membujuk pembaca agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan juga bisa didefinisikan sebagai upaya promosi suatu barang atau jasa yang perlu dibayarkan oleh penjual.

Selain itu iklan juga diharapkan bisa memberikan informasi lengkap mengenai produk atau jasa yang dipromosikan, mempengaruhi pembaca untuk mengingat dan sadar akan produk tersebut.

Sedangkan media cetak adalah sarana publikasi yang berupa cetakan. Seperti koran, majalah dan buku. Media publikasi yang memiliki ciri khas isi publikasi hanya diterbitkan dalam bentuk tulisan dan gambar.

Sehingga secara keseluruhan iklan media cetak dapat disimpulkan sebagai upaya promosi atau mengenalkan suatu produk atau jasa dalam media publikasi yang berupa tulisan dan gambar. 

Iklan media cetak ditemukan pertama kali pada tahun 1455 oleh seorang Johannes Gutenberg di Negara Eropa. Tahun itu membuat iklan jenis ini sebagai salah satu iklan tertua di dunia.

Pada masa awal ditemukan, iklan jenis ini hanya menggunakan daun atau tanah liat untuk menjadi bahan utama media cetak. Karena tentunya di masa tersebut belum ada teknologi cetak secanggih masa sekarang. 

Barulah dengan perkembangan zaman, munculnya teknologi cetak yang semakin beragam. Sehingga saat ini iklan media cetak sudah menggunakan bahan media yang lebih beragam.

Macam Iklan Media Cetak

Berdasarkan bentuknya iklan media cetak memiliki banyak macam. Berikut adalah macam iklan media cetak,

1. Koran

Koran. sumber : unsplash.com
Koran. sumber : unsplash.com

Iklan media cetak berupa iklan adalah bentuk yang sudah sangat umum di masyarakat. Karena sudah ada sejak era dulu, membuat bentuk ini termasuk dalam media cetak yang paling tua. 

Pada umumnya iklan bentuk iklan ini berwarna hitam dan putih, namun seiring perkembangan zaman ada beberapa koran yang memiliki banyak warna tak hanya hitam dan putih. 

Biasanya kebanyakan informasi yang disampaikan hanya berupa tulisan tanpa gambar. Tetapi tergantung dengan peminta iklan, mereka bisa mencantumkan gambar dari produk atau jasa yang akan dipromosikan.

2. Brosur

Brosur. sumber : unsplash.com
Brosur. sumber : unsplash.com

Jika iklan media cetak sebelumnya pada umumnya berwarnakan hitam dan putih, iklan media cetak dalam bentuk brosur ini lebih banyak memiliki warna dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan iklan.

Gambarnya Pun terbilang lebih banyak daripada yang ada di koran. Ukuran iklan ini juga terbilang kecil dan bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Iklan dalam bentuk brosur ini biasanya bisa anda temukan di pusat perbelanjaan, taman hingga di samping atm bank.

Karena warna dan ukurannya lah kenapa banyak orang menggunakan bentuk ini sebagai media mereka mengiklankan produk mereka.

3. Majalah

Majalah. sumber : unsplash.com
Majalah. sumber : unsplash.com

Iklan media cetak berupa majalah bentuknya memang mirip dengan buku. Dan setiap halamannya biasanya berisikan gabungan dari beberapa produk atau jasa yang hendak dipromosikan.

Sehingga pada satu halaman anda bisa menemukan iklan makanan, iklan sepatu, iklan gitar, dan beberapa iklan lainnya.

Yak, itulah ketiga macam dari banyaknya macam iklan media cetak yang sering anda temukan di kehidupan anda.

Cara Membuat Iklan Media Cetak yang Menarik

Setelah memahami definisi dan macam dari iklan media cetak, mari kita mulai membahas mengenai cara membuat iklan media cetak yang menarik.

Iklan media cetak tentunya mengutamakan pesan-pesan visual karena cirinya yang hanya bisa dinikmati menggunakan indera penglihatan. Bagian-bagian media cetak yang perlu diperhatikan saat memproduksi iklan media cetak adalah :

1. Judul

Judul iklan media cetak haruslah menarik, karena dengan judul yang menarik akan mendorong pembaca untuk membaca isi dari iklan tersebut. 

Selain menarik, judul juga harus berisikan kebenarannya secara logika. Jangan membuat judul yang menarik tapi ketika pembaca membuktikan kebenarannya, namun ternyata isinya tidak benar sebagaimana dengan judul yang tertera.

Contohnya “Cara menjadi kaya hanya dalam 15 Menit”. Judul ini memang menarik pembaca untuk membaca isi dari iklan tersebut. Namun sesuatu yang mustahil seseorang bisa kaya hanya dengan waktu 15 menit.

Dengan pemilihan kata yang baik, gunakan juga visual tipografi yang cocok untuk judul. Buat judul memiliki jenis huruf yang eye catching dan ukuran hurufnya yang lebih besar daripada isinya.

2. Isi Iklan

Setelah membuat judul dengan kata-kata yang tepat, saatnya membuat isi dari iklan tersebut.

Isi iklan ini bisa berupa penjelasan lengkap mengenai produk yang akan diiklankan. Seperti manfaat produk, jelaskan secara lengkap manfaat produk tersebut. Tonjolkan perbedaan produk ini dengan produk lain. Sehingga pembaca bisa lebih memilih produk anda daripada produk lain yang serupa.

Selain itu cantumkan pula pesan yang kira-kira pembaca harapkan ketika membaca produk tersebut. Gunakan kalimat yang efisien dan memiliki daya tarik yang tinggi.

Kalimat yang efisien dan berdaya tarik biasanya singkat, dan padat namun hal ini akan memudahkan pembaca dalam menangkap maksud dari kalimat tersebut.

3. Visual atau gambar 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa iklan media cetak mengutamakan visualnya. Maka lengkapilah iklan media cetak anda menggunakan visual-visual seperti ilustrasi yang berkaitan dengan produk yang akan diiklankan atau juga disertai dengan gambar produk itu sendiri. 

Agar iklan media cetak anda terlihat lebih kreatif dan menarik untuk dilihat.

Itulah ketiga bagian dari media cetak yang perlu anda perhatikan saat hendak membuat iklan media cetak yang menarik.

Nah, anda sudah tahukan hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat iklan media cetak yang menarik? Jika masih terdapat kekurangan dari informasi di atas, anda bisa taruh ulasan anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini. 

Terimakasih sudah membaca hingga akhir.