Layanan pasang iklan adalah salah satu upaya untuk menambah lead penjualan produk yang kita miliki. Tawaran untuk membuat konten dan memasang iklan di berbagai macam media memang menarik untuk diambil. Semua penjual produk atau jasa pasti menginginkan kemajuan dari sisi penjualan produk dan jasanya.
Jenis iklan pun saat ini telah menjadi banyak macamnya. Platform untuk memasang iklan juga tersedia di mana-mana mulai dari apa yang bisa kita lihat sehari-hari sampai iklan online yang hanya terlihat saat seseorang mengakses internet. Seperti pasang iklan di google, iklan instagram, iklan di youtube dan lainnya. Apakah Anda termasuk seseorang yang sedang mencari layanan pasang iklan untuk penjualan produk Anda?
Apa itu Iklan?
Untuk memanfaatkan jasa pasang iklan, sebaiknya harus dipelajari dulu hal-hal mendasar seperti apa itu iklan, termasuk tidak ada salahnya untuk mempelajari sudah sejauh mana perkembangan bidang yang satu ini. Media saja, dimulai dari media cetak sudah berkembang sampai dengan apa yang disebut sebagai media digital.
Dimulai dari pengertian secara bahasa di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Dari sini terlihat bahwa ternyata iklan merupakan salah satu jenis berita.
Sedangkan menurut ahli, terdapat definisi yang lebih dalam atau spesifik lagi. Misalnya menurut Supriyanto, iklan adalah upaya promosi barang, ide, perusahaan, atau jasa yang perlu dibayarkan oleh sponsor. Ahli yang satu ini langsung mengkaitkan iklan secara khusus hanya untuk penjualan saja.
Terdapat sudut pandang lainnya, yakni iklan yang tidak hanya dipandang menurut aspek penjualan barang dan jasa saja. Yaitu menurut Kotler dan Armstrong, mengatakan bahwa Iklan merupakan bauran promosi yang memberikan pesan produk kepada masyarakat melalui media, baik media cetak ataupun online. Sehingga yang diulas adalah bahwa isinya berupa pesan kepada khalayak ramai.
Bagaimanapun para ahli mendefinisikan iklan, semuanya pasti terkait dengan beberapa poin berikut ini :
- Memberikan informasi terkait produk atau jasa
- Memengaruhi pandangan konsumen atau membangun kesadaran merek
- Membuat publik mengingat produk atau jasa yang diiklankan
- Membujuk audiens untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa
Media Beriklan
Media merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pasang iklan. Jadi media bukanlah aktivitas memasarkan produk atau beriklan itu sendiri. Media adalah alat yang digunakan untuk memasang iklan atau mempublikasikan produk-produk untuk dibeli. Saat ini tawaran untuk memasang iklan menggunakan media apa saja? Berikut diantaranya.
1. Media Cetak
Definisi media cetak adalah sarana publikasi massa yang dicetak dalam berbagai bentuk seperti koran, pamflet, majalah bahkan buku. Massa atau khalayak baru bisa melihatnya setelah dicetak dalam bentuk-bentuk tadi. Sebelum dicetak, khalayak menganggapnya belum terpublikasi.
Berdasarkan cara publikasi ini, media cetak memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya bahwa apa yang diterbitkan hanya dalam bentuk tulisan dan gambar saja, tidak dapat menghasilkan publikasi yang dapat bergerak. Karena sarana yang dipakai memang hanya kertas atau yang sejenisnya saja.
Bagi Anda yang ingin pasang iklan melalui media cetak, bahan yang perlu Anda persiapkan adalah gambar dan tulisan. Nantinya jasa layanan iklan media cetak akan mengolahnya untuk mempublikasikannya.
2. Media Elektronik termasuk Digital
Media elektronik adalah sarana publikasi masa yang dilakukan dengan cara transmisi atau dipancarkan melalui sinyal. Untuk menstransmisi publikasinya dibutuhkan berbagai alat elektronik sehingga sarana yang digunakan disebut sebagai media elektronik. Siapa saja yang memasang iklan dengan memanfaatkan media ini, bahan yang dipersiapkan biasanya dalam bentuk suara atau visualisasi.
Saat zaman telah maju dengan transmisi internet dan gadgetnya sebagai sarana untuk mencermati informasi yang ada seperti sekarang ini, terdapat istilah media digital. Namun isitlah digital bukanlah perkembangan ketiga setelah media cetak dan media elektronik. Sebenarnya digital lebih kepada bentuk fisik informasi yang masih sama, yaitu dipublikasikan melalui media elektronik juga.
Jenis Iklan
Sekarang, barulah kita sampai pada jenis iklan. Bagi Anda yang ingin pasang iklan melalui berbagai jasa, Anda perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa jenis iklan. Berikut diantaranya :
1. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan ini biasanya berasal dari instansi atau lembaga. Berisi tentang suatu informasi sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat akan suatu isu atau topik tertentu. Contohnya: Iklan pemilu, iklan untuk hidup sehat, iklan keluarga berencana, dan lain sebagainya.
2. Iklan Pengumuman
Iklan ini bertujuan untuk menarik masyarakat tertentu saja. Isinya tentang pemberitahuan sesuatu seperti event, iklan berita duka dan lain-lain.
3. Iklan Permintaan
Iklan permintaan sering dianggap sebagai iklan lowongan kerja. Hal tersebut karena iklan ini berisi tentang pihak yang mengiklankan untuk menawarkan dan mengajak masyarakat yang ingin bekerja dengan pihak pengiklan.
4. Iklan Komersil
Iklan yang biasa dijumpai adalah iklan penawaran atau iklan niaga (komersil). Iklan penawaran merupakan jenis-jenis iklan yang berisi tentang tawaran akan barang atau jasa kepada masyarakat luas. Contohnya: iklan makanan, minuman, pakaian, barang elektronik dan lainnya.
Nah, sudah tahu iklan jenis apa yang Anda butuhkan? Jangan sampai tujuan dari memasang iklan sampai tidak dapat dicapai hanya karena salah pengertian ya. Jika masih terdapat banyak kekurangan dari informasi di atas, silahkan berikan komentar Anda.
Semoga ulasan ini dapat memberikan referensi tambahan bagi Anda. Simak terus berbagai artikel menarik lainnya di halaman website Jogja Kreasi. Terima kasih sudah berkunjung!