Penggunaan Instagram kini bukan lagi hanya sekedar mengupload foto dan video saja. Lebih dari itu, banyak pebisnis memanfaatkannya untuk memasarkan produk. Nah, untuk keperluan promosi, tentu saja desain konten Instagram penting untuk diperhatikan demi mendapatkan atensi pengguna yang tinggi. 

Secara umum, semakin estetik desain konten, pengguna atau target audiens di Instagram akan tertarik untuk mengikuti. Juga, secara tidak langsung Anda membangun brand awareness terhadap bisnis yang dijalankan. Itulah kenapa membuat konten di Instagram yang digunakan sebagai media promosi haruslah diperhatikan.

Membuat desain konten di Instagram butuh ide kreatifitas yang luas. Sebaliknya, jangan sampai konten Instagram yang Anda buat memiliki desain yang monoton dan kaku. Lantas, bagaimana cara membuat konten Instagram yang estetik tersebut? Simak ulasannya!

Konten Instagram yang Estetik, Seperti Apa?

Contoh desain konten instagram yang estetik, Sumber: designshack.net
Contoh desain konten instagram yang estetik, Sumber: designshack.net

Mungkin kebanyakan dari Anda belum terlalu familiar dengan konten Instagram yang estetik. Padahal konten yang menarik belum tentu memiliki desain yang estetik. Itulah kenapa penting juga bagi Anda untuk dapat mengetahui konten estetik itu seperti apa. Agar Anda tidak salah dalam memaknai setiap desain konten yang digunakan pada Instagram, ada beberapa ciri konten Instagram estetik, diantaranya:

  • Tema desain postingan Instagram yang digunakan sama dan tidak berbeda
  • Grid layout postingan konten dibuat dengan tampilan yang menarik dan unik
  • Postingan konten dibuat secara rapi dan teratur, sehingga memiliki tampilan yang enak dilihat
  • Isi konten yang dibuat memiliki desain yang colorfull dengan permainan warna yang pas
  • Ukuran grid layout konten dibuat sama dari setiap postingan yang dilakukan
  • Banyak menggunakan tambahan elemen yang unik pada setiap konten
  • Desain yang digunakan pada setiap konten biasanya sama atau tidak jauh berbeda dengan konsep tema

Selain beberapa ciri konten Instagram estetik, perlu untuk Anda ketahui juga bahwa setiap konten Instagram memiliki ciri khas estetiknya masing-masing. Semuanya tergantung dari bagaimana cara mengelola konten Instagram, agar selalu dapat menarik banyak perhatian.

Tips Membuat Konten Instagram yang Estetik

Desain konten instagram menggunakan template yang sudah tersedia, Sumber: snapybiz.com
Desain konten instagram menggunakan template yang sudah tersedia, Sumber: snapybiz.com

Memiliki akun media sosial Instagram untuk bisnis memerlukan konten yang interaktif dan unik. Bukan berarti Anda mempunyai konten hanya di upload saja, tanpa adanya unsur yang membuat orang tertarik melihatnya. Dengan konten Instagram yang memiliki desain estetik, tentu akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi tertarik.

Meningkatkan penjualan bisnis lewat promosi melalui Instagram harus bisa Anda manfaatkan. Mengingat kini semua orang mencari apa yang diperlukan lewat media sosial. Itulah kenapa konten Instagram bisnis harus dibuat semenarik mungkin. Tujuannya agar Anda bisa dengan mudah membangun brand awareness terhadap bisnis yang dijalankan.

Bila Anda belum tahu cara membuat konten Instagram yang estetik dan dapat disukai banyak orang, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba ikuti.

  • Kenali target audiens sesuai bidang bisnis yang dijalani
  • Tentukan konsep dan tema konten sesuai dengan hal-hal yang disukai target audiens bisnis
  • Gunakan desain template konten Instagram yang menarik dan unik
  • Menggunakan format sama untuk setiap konten yang akan di upload
  • Tambahkan elemen dengan bentuk yang dapat menjadi ciri khas konten Instagram bisnis
  • Isi konten dengan ragam informasi yang bermanfaat, jelas, dan singkat
  • Atur posisi konten dengan rapi dengan menggunakan ukuran frame yang sama
  • Gunakan trik fotografi dan penempatan objek gambar konten yang sesuai
  • Tambahkan penggunaan tipografi yang menarik sesuai dengan desain konten yang  digunakan
  • Buat identitas profil Instagram bisnis lebih menarik. Misalnya, menggunakan variasi font dan icon pada bio. Serta logo bisnis sebagai foto profil.

Dari tips di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran desain konten Instagram estetik yang cocok dengan bisnis. Hal terpenting agar konten estetik dapat membuat banyak orang tertarik adalah kreatifitas. Usahakan desain konten estetik yang Anda buat memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dengan jenis konten Instagram bisnis yang serupa.

Meningkatkan Brand Awareness Dengan Press Release

Meningkatkan brand awareness dengan press release, Sumber: hubspot.com
Meningkatkan brand awareness dengan press release, Sumber: hubspot.com

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda juga bisa menggunakan press release sebagai pelengkap konten Instagram. Dengan press release, brand dari bisnis Anda dapat lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan press release bukan hanya sebagai media informasi, tetapi dapat juga digunakan sebagai media promosi.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan launching produk baru, tentu Anda sebagai pebisnis sudah mengetahui bahwa brand awareness sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Tanpa adanya publikasi secara luas, maka lingkup orang yang mengetahui brand/produk bisnis hanya sedikit.

Kelebihan press release yang lingkup publikasinya sangat luas di berbagai media, tentu akan sangat membantu dalam promosi. Jadi, Anda bisa memanfaatkan press release sebagai pelengkap tambahan untuk mempromosikan brand/produk bisnis. Terlebih, saat ini ada cukup banyak layanan jasa press release yang memberikan kemudahan, salah satunya Jogja Kreasi. 

Jogja Kreasi bisa menjadi pilihan jasa press release untuk membantu Anda dalam melakukan promosi brand atau produk bisnis. Kami telah bekerja sama dengan berbagai media nasional. Serta press release yang kami buat dikerjakan langsung oleh para Jurnalis yang telah berpengalaman.

Bila Anda tertarik menggunakan jasa press release kami, langsung saja hubungi CS Jogja Kreasi. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu,untuk menentukan media mana saja yang cocok untuk publikasi atau strategi rebranding produk yang diinginkan. Tentu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai benefit lainnya!