Tentu anda sudah tidak asing lagi bukan dengan iklan baris dan iklan kolom? Kedua jenis cara promosi tersebut seringkali muncul di media cetak seperti koran. Dengan spesifikasinya masing-masing, apakah di era digital sekarang iklan jenis ini masih efektif untuk digunakan?
Telah menjadi rahasia umum bahwa manusia abad milenial saat ini memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi. Android sebagai alat simpel yang bisa dibawa kemanapun satu contohnya. Dari benda sekecil itu manusia dapat mengakses berbagai macam informasi. Tidak sekedar hanya hiburan bahkan hingga berita dan pesan barang online.
Meskipun masih ada sebagian orang yang mengonsumsi informasi dari media cetak, kemajuan teknologi saat ini berpotensi membawa manusia untuk lebih memaksimalkan media online. Jika hal tersebut menjadi fakta, maka iklan baris dan iklan kolom yang berada di media cetak lambat laun juga akan ikut hijrah.
Iklan Baris Dan Iklan Kolom Di Media Online
Sejak ditemukannya internet, pola kehidupan manusia mulai berubah. Perhatian terhadapnya membuat terjadi begitu banyak akumulasi kepentingan yang menjadikan manusia perlahan mengandalkan internet untuk memenuhi hajat hidupnya, termasuk dalam urusan bisnis.
Dalam pemanfaatan internet manusia mengenal adanya jasa press release. Meskipun pada mulanya press release memuat informasi dari sebuah perusahaan atau lembaga yang disusun oleh Public Relations. Saat ini penggunaannya semakin meluas hingga sebagai sarana untuk promosi.
Iklan baris dan iklan kolom yang pada mulanya bermunculan di media cetak pun sebagian mulai ditayangkan di media online. Bahkan iklan baris yang dimuat dengan press release pun dinilai efektif untuk promosi sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen. Dan hal yang sama juga dimungkinkan untuk iklan kolom.
Perbedaan Iklan Baris Dan Iklan Kolom
Meskipun sama-sama cara promosi, iklan baris dan iklan kolom memiliki perbedaan. Tentu perbedaan tersebut memiliki ciri khusus serta tujuan tertentu. Jika anda pernah membaca kedua iklan tersebut, anda akan sadar perbedaannya.
Iklan baris adalah cara promosi singkat terperinci yang terbentuk dari beberapa kata. Biasanya tidak lebih dari tiga baris. Namun walaupun demikian iklan tetap jelas dan bisa menyampaikan maksud yang diinginkan.
Iklan baris bertujuan untuk memfasilitasi pengiklan barang, jasa atau lowongan dengan proses cepat dan biaya murah. Namun tetap bisa menjelaskan barang atau jasa yang ditawarkan. Utamanya adalah harga, lokasi hingga kontak yang bisa dihubungi.
Sedangkan iklan kolom adalah cara beriklan dengan memberikan kolom tertentu. Dengan demikian jenis iklan ini biasanya tidak hanya mencantumkan teks saja namun diberikan ornament lainnya untuk menarik minat calon konsumen.
Tujuan dari iklan kolom sendiri adalah untuk memfasilitasi pengiklan dengan cara promosi yang lebih menarik dan variatif. Selain itu juga memudahkan pada pengiklan untuk memilih ukuran yang fleksibel karena jenis iklan ini terkadang bisa menggunakan space yang besar.
Ciri-Ciri Iklan Baris Dan Iklan Kolom
Sebagaimana perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing cara pengiklanan di atas, iklan kolom dan iklan baris pun memiliki ciri khusus yang menjadikannya tampak lebih spesifik. Berikut adalah ciri-ciri iklan baris :
- Hanya berbentuk teks tanpa ornament tambahan seperti gambar atau ilustrasi visual.
- Sangat singkat seringkali tidak lebih dari 3 baris.
- Langsung pada iklan inti dengan menyertakan hal terkait seperti kontak, harga dan lokasi.
- Biasanya iklan akan dikategorikan sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
Setidaknya hal diatas adalah ciri yang paling menonjol dari iklan baris. Dari ciri tersebut dimaksudkan akan memberikan kemudahan kepada calon konsumen untuk mencerna iklan yang ditawarkan. Sedangkan berikut adalah ciri-ciri iklan kolom:
- Ciri yang paling menonjol dari iklan kolom adalah seringkali menambahkan gambar atau visual tertentu.
- Memiliki space yang lebih besar dibandingkan dengan iklan baris.
- Iklan ini selain untuk menawarkan barang ataupun jasa biasanya juga dimanfaatkan untuk pengumuman ataupun ucapan belasungkawa.
Dari perbedaan di atas jelas bukan bahwa masing-masing iklan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari harga iklan baris lebih murah hingga iklan kolom yang lebih menarik para pembaca. Keunggulan pada masing-masing iklan tetap akan memberi dampak positif pada apa yang ditawarkan kok.
Menggunakan internet untuk pemanfaat kedua iklan tersebut akan lebih efektif di era saat ini. Selain karena manusia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget yang mereka miliki, visual yang dimiliki oleh iklan kolom tampak lebih hidup saat dimuat dalam media online. Jadi akan lebih menarik pembaca bukan?
Alternatif Iklan Efektif
Selain kedua iklan diatas, juga dikenal jenis iklan advertorial. Jenis iklan ini seringkali memiliki kode (adv) dalam setiap kali penulisannya. Sama dengan iklan baris dan iklan kolom, jenis iklan ini juga memiliki keunggulan tersendiri.
Dengan mengikuti kaidah jurnalistik dalam penulisannya, iklan advertorial lebih halus dalam penyampaian maksud yang diinginkannya. Selain itu penulisan juga diberikan berbagai macam informasi terkait apa yang akan diiklankan. Dengan demikian seandainya pembaca tidak memutuskan untuk melakukan transaksi, mereka akan mendapatkan wawasan baru.
Karena memiliki bahasa yang lebih halus, jenis iklan advertorial bisa dimaksimalkan dengan press release. Sama-sama memiliki ciri yang informatif, anda bisa menawarkan barang ataupun jasa sekaligus memberikan edukasi kepada calon konsumen.
Jika anda ingin tidak sekedar berbisnis namun juga ingin berbagi wawasan, iklan advertorial menjadi opsi yang bisa anda pilih. Dan jika ingin memaksimalkannya dengan cara press release, kami jogjakreasi.id dengan senang hati akan membantu anda.