Mungkin sebagian besar dari Anda masih awam dan bingung mengenai press release. Apalagi jenis press release yang ada, iya bukan? Namun sebenarnya press release ini cukup populer di dunia public relation. Bahkan press release juga bisa dijadikan sebagai media promosi yang baik apabila digunakan secara tepat.
Apa itu press release? Press release merupakan sebuah informasi yang dibuat dan disusun oleh public relation dari sebuah perusahaan atau lembaga. Perkembangan zaman yang cepat dan serba digital inilah yang membuat semua elemen masyarakat mau tidak mau ikut menyesuaikannya. Termasuk perusahaan untuk mengenalkan produk dan jasanya ke publik.
Jadi wajar saja jika fungsi press release yang utama ialah untuk memperkenalkan perusahaan ke banyak orang dengan mudah dan cepat. Apalagi press release ini disampaikan dari sumber yang jelas yakni perusahaan itu sendiri tanpa perantara.
Supaya penyampaian informasi tersebut bisa optimal, Anda perlu mengetahui apa saja jenis press release yang ada. Sehingga pesan yang ingin disampaikan tepat sasaran dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.
Jenis Press Release
Press release digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi mengenai layanan, produk, hingga kegiatan dari sebuah perusahaan. Dalam penyampaian informasi tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis press release. Supaya penggunaannya tepat, maka Anda perlu mengetahui berbagai jenis press release berikut ini.
1. Press Release Produk
Jenis press release yang pertama ialah press release produk. Press release yang satu ini akan membahas atau memberikan informasi secara detail mengenai sebuah produk. Mulai dari spesifikasinya hingga keunggulan dari produk. Dengan begitu, masyarakat menjadi paham mengenai detail dari produk tersebut.
Di dalam teknisnya, bukan hanya menyoroti satu sisi saja. Namun pastikan siaran pers ini menyoroti berbagai sisi dari produk yang dibuat semenarik mungkin. Jadi tidak hanya fitur terbaru saja, namun juga menyorot hingga manfaat penggunaannya bagi masyarakat.
2. Press Release Acara
Penggunaan siaran pers ini bertujuan untuk memberitahu media dan masyarakat mengenai event yang akan diselenggarakan perusahaan. Baik itu event yang dibuat sendiri ataupun disponsori dari pihak lain. Biasanya press release ini dibuat agar menarik perhatian media untuk datang meliput acara yang diselenggarakan.
Jadi di dalam press release acara dimuat detail informasi seputar lokasi acara, tanggal dan waktu, hingga orang-orang yang hadir. Ketika acara dibuka untuk umum, biasanya masyarakat luar bisa datang mengikuti acara tersebut. Di dalamnya pun juga sudah diberikan informasi bagaimana caranya masyarakat bisa mengikuti event.
3. Press Release Rebranding
Secara garis besar, rebranding merupakan sebuah upaya untuk mengubah citra suatu perusahaan yang telah ada supaya menjadi lebih baik. Biasanya hal ini mencakup tentang merger atau akuisisi hingga perubahan arah produk. Siaran pers ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman.
Isi dari press release yang satu ini juga tidak cukup hanya tulisan saja. Namun perusahaan juga perlu mencantumkan mengenai detail-detail perubahan yang terjadi. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman ke depannya. Misalnya saja dengan mencantumkan perubahan logo, dari yang lama ke yang baru dan perubahan lainnya.
4. Press Release Berita Umum
Press release berikutnya secara umum sudah banyak yang tahu. Siaran pers yang satu ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah liputan pada media. Baik itu secara daring maupun luring.
Pers release berita umum disarankan memuat nilai dan disajikan semenarik mungkin. Dengan begitu audiens akan mulai tertarik untuk mencari informasi lebih detail mengenai suatu perusahaan. Karena tertarik dengan perusahaan tersebut, para audiens akan mulai mengunjungi alamat situs perusahaan.
Mereka akan mencari informasi seputar lingkup bisnis apa yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Jadi pastikan bahwa kandungan informasi di dalamnya telah dibuat menarik, informatif, dan juga memberi manfaat bagi para audiens.
5. Press Release Kemitraan
Apabila sebuah perusahaan telah mendapatkan kesepakatan dari mitra baru, maka informasi tersebut perlu diinformasikan ke khalayak umum. Adanya kemitraan baru berarti ada sebuah perubahan penting yang ada di dalam perusahaan.
Jadi momen tersebut perlu diumumkan ke publik. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Isi siaran pers mengenai kemitraan ini tidak perlu detail. Berikan saja poin-poin menarik yang akan terjadi kedepannya. Misalnya saja terdapat kutipan pesan oleh para eksekutif dari kedua belah pihak.
6. Press Release Perekrutan
Jenis siaran pers yang satu ini juga penting untuk sebuah organisasi atau perusahaan. Meskipun tidak semua rekrutan baru akan diumumkan. Biasanya siaran pers ini hanya diberikan pada jabatan-jabatan penting saja. Misalnya para tenaga ahli dari sektor hukum, perbankan, hingga medis.
Isi dari siaran pers tersebut terdiri dari biografi singkat dari rekrutan baru tersebut. Bisa berupa latar belakang mengenai pengalamannya di perusahaan yang lama atau yang lainnya. Disarankan juga untuk mencantumkan foto dari rekrutan baru tersebut agar publik tahu mengenai sosok penting tersebut.
7. Press Release Respon
Press release respon ini tidak terikat oleh waktu. Hal ini dikarenakan siaran pers ini berfungsi untuk merespon secepat mungkin kabar yang sedang berhembus. Bisa kabar baik ataupun klarifikasi dari kabar buruk. Jadi siaran pers ini dibuat sewaktu-waktu atau mendadak.
8. Press Release Perilisan Bisnis Baru
Siaran pers ini perlu dirilis ke publik ketika sebuah perusahaan meluncurkan sebuah bisnis baru. Dengan begitu, media bisa seger meliput mengenai pembukaan bisnis baru tersebut. Dengan begitu perusahaan bisa bersaing dengan para kompetitor. Press release ini berisikan detail bisnis baru, mulai dari nama hingga gambaran umumnya.
Itulah beberapa jenis press release yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda juga ingin membuat press release? Jika iya, Anda bisa menggunakan jasa press release dari Jogja Kreasi.
Kami siap memproduksi tulisan artikel yang berkualitas dan menerbitkannya ke media online nasional untuk keperluan promosi usaha Anda. Info lebih lanjut? Langsung hubungi kami!