Apakah bisa jualan di Instagram? Lalu bagaimana cara jualan di Instagram yang efektif? Di era digital seperti saat ini, penggunaan sosial media bukan hanya untuk bersenang-senang saja. Namun juga dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berjualan secara online. Salah satunya menggunakan Instagram sebagai tempat untuk menawarkan produk.
Instagram merupakan salah satu platform jualan online yang populer dan banyak peminatnya, terutama bagi pelaku bisnis online. Hal ini didasari oleh data mengenai banyaknya pengguna Instagram di Indonesia. Dilansir dari laman databoks.katadata.co.id, berdasarkan data Napoleon Cat terdapat 92,53 juta pengguna Instagram di Indonesia pada kuartal IV-2021.
Dari data pengguna tersebut, wajar saja jika pelaku bisnis online semakin gencar melakukan promosi melalui instagram. Dengan begitu para pelaku bisnis online memiliki peluang untuk menaikkan tingkat penjualannya. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin menawarkan produk atau jasa Anda melalui Instagram?
Cara Jualan di Instagram
Di dalam dunia bisnis, Anda perlu memahami mengenai berbagai strategi pemasaran yang ada. Salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Untuk kali ini, Anda akan mempelajari mengenai cara jualan yang tepat di Instagram. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Menentukan Target Market
Cara jualan di Instagram yang pertama ialah mengetahui target market yang akan Anda sasar. Jika Anda belum mengetahuinya, maka tentukanlah terlebih dahulu. Sesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apabila Anda salah menentukan target market, maka nantinya angka penjualan tidak bisa optimal.
Jadi langkah yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Ketika Anda menyasar ke target yang tepat, maka peluang produk Anda terjual akan semakin meningkat. Cara yang satu ini juga diperlukan untuk menentukan metode promosi seperti apa yang diminati oleh target market yang Anda sasar.
2. Menggunakan Akun Instagram Bisnis
Cara jualan di Instagram selanjutnya ialah menggunakan akun Instagram bisnis. Akun Instagram biasa dengan yang bisnis berbeda. Apabila Instagram digunakan hanya untuk bersenang-senang dengan mengupload foto atau kegiatan sehari-hari, maka Anda bisa menggunakan yang biasa.
Namun jika berkaitan dengan jualan, maka Anda perlu menggunakan akun bisnis. Di dalam akun bisnis, terdapat berbagai fitur yang bermanfaat bagi pelaku bisnis online untuk mempromosikan dagangannya. Misalnya saja seperti fitur insight yang bisa membuat promosi bisnis menjadi lebih efektif dan relevan.
Selain itu pada akun instagram bisnis juga terdapat berbagai informasi tambahan untuk bisnis Anda. Anda bisa menambahkan kategori bisnis, misalnya saja seperti fashion, software company, retail, organization, blog pribadi, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga bisa menambahkan alamat perusahaan. Dengan begitu akan menumbuhkan kepercayaan konsumen.
3. Memaksimalkan Tampilan Profil Instagram
Supaya konsumen semakin percaya terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka Anda juga perlu memaksimalkan tampilan profil IG. Anda bisa mengunggah logo brand bisnis Anda sebagai foto profil IG. Selain itu Anda juga bisa mencantumkan seperti jargon bisnis ke dalam bio yang ada di tampilan Instagram tersebut.
Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen. Informasi kontak tersebut akan memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda. Apakah Anda punya website sendiri? Jika ada, maka akan lebih baik juga link website tersebut dimunculkan di bio IG tersebut. Dengan begitu konsumen akan lebih yakin dan percaya.
4. Manfaatkan Instagram Ads
Cara jualan di Instagram berikutnya ialah dengan memanfaatkan Instagram Ads. Fitur ini bisa digunakan untuk menjangkau target market yang lebih luas lagi. Anda bisa mempromosikan postingan yang Anda buat melalui Instagram Ads ini. Anda bisa menyesuaikan sendiri target market, wilayah, hingga budget iklan yang sudah Anda persiapkan.
Fitur yang satu ini sangat membantu mempromosikan produk Anda. Dengan begitu, produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa dilihat oleh banyak orang meskipun mereka tinggal di beda wilayah. Melalui Instagram Ads, Anda juga bisa menentukan berapa lama postingan Anda akan diiklankan. Bagaimana, menarik bukan?
5. Buat Konten yang Menarik
Konten yang menarik merupakan sebuah keharusan dalam berjualan di Instagram. Bagaimana konsumen akan tertarik dengan produk yang ditawarkan jika konten yang dibuat tidak menarik? Konten yang menarik dapat menimbulkan perasaan yang penasaran akan suatu produk yang diiklankan.
Jadi ketika konsumen sudah tertarik akan produk yang ditawarkan, mereka akan segera mengambil tindakan. Minimal mereka akan menghubungi Anda untuk menanyakan detail dari produk atau jasa yang ditawarkan. Saat terjadi komunikasi tersebut, Anda bisa menyampaikan mengenai kelebihan dari produk atau jasa yang Anda jual.
6. Tambahkan Hashtag yang Tepat
Penggunaan hashtag yang tepat juga sangat disarankan dalam mempromosikan produk di Instagram. Terkadang banyak orang yang mencari sesuatu melalui hashtag tersebut. Jadi ketika hashtag yang Anda gunakan tepat dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan, maka akan semakin banyak orang yang melihat produk Anda.
Tips dalam penggunaan hashtag ialah jangan menggunakan terlalu banyak hashtag. Karena penggunaan hashtag yang terlalu banyak akan dianggap spam. Jadi pemilihan hashtag yang tepat dan relevan sesuai target market sangat disarankan.
7. Bekerja Sama dengan Influencer
Cara jualan di Instagram selanjutnya ialah dengan bekerja sama dengan para influencer. Secara umum influencer dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki pengaruh atau orang yang bisa memberikan pengaruh kepada khalayak ramai. Dalam hal ini tentu saja bagi pengguna media sosial. Jika di Instagram, para influencer ini seringkali disebut dengan “Selebgram”.
Para influencer ini memiliki banyak pengikut di akun sosial medianya. Banyaknya pengikut tersebut memungkinkan produk Anda semakin banyak dilihat oleh orang lain. Pada saat si influencer memposting konten produk Anda, maka ratusan hingga jutaan pengikutnya akan melihat produk Anda tersebut.
Sebelum memutuskan bekerja sama dengan influencer, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Cek lebih dulu rata-rata pengikut dari influencer yang Anda pilih. Apakah mereka masuk dan sesuai dengan target market Anda atau bukan. Jika tidak sesuai, maka Anda bisa memilih influencer yang lain.
Ketika Anda salah memilih influencer karena pengikutnya tidak sesuai dengan target market Anda, maka cara ini tidak bisa optimal. Oleh sebab itu mencari influencer dengan basis pengikut yang sesuai dengan target market Anda merupakan hal penting.
8. Berikan Diskon atau Promo
Diskon atau promo merupakan sebuah hal yang sangat disukai oleh konsumen. Untuk menarik perhatian konsumen, Anda perlu memberikan diskon atau promo secara berkala. Buatlah konten khusus yang menginformasikan perihal diskon atau promo tersebut.
Berikan juga tenggat waktu di dalam diskon atau promo tersebut. Dengan begitu konsumen akan segera melakukan tindakan untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.
9. Tambahkan Caption yang Menarik
Caption yang menarik merupakan salah satu cara berjualan di Instagram yang efektif. Tanpa adanya caption, konten yang Anda buat akan terasa hambar. Ketika konten Anda menarik namun caption yang Anda gunakan lemah, maka postingan Anda tidak maksimal.
Di dalam postingan tersebut, Anda bisa membuat caption yang bisa membangun engagement dengan audiens. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan caption sebagai CTA (Call to Action).
Itulah tadi penjelasan mengenai cara jualan di Instagram. Maksimalkan cara-cara di atas untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan video yang menarik untuk promosi Instagram, maka Anda bisa menghubungi kami. Kami dari Jogja Kreasi siap membantu kebutuhan bisnis Anda.