Promosi bisnis menjadi hal yang sangat penting pada setiap jenis usaha dengan berbagai segmentasinya. Tak jarang, kegiatan promosi bisnis memberikan peningkatan kredibilitas sebuah bisnis di mata konsumen, di samping bisa membantu penambahan volume penjualan bisnis yang Anda jalankan.
Dalam bisnis, promosi merupakan setiap komunikasi yang diupayakan untuk mempengaruhi orang untuk membeli produk atau jasa. Promosi bisnis umumnya menawarkan merek, produk dan layanan dengan mengidentifikasi audiens target dan menemukan cara untuk menyampaikan pesan kepada konsumen tersebut.
Pada bisnis, ada berbagai macam strategi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan salah satu strategi yang akan kita bahas di sini adalah promosi. promosi bisnis adalah bentuk strategi yang bersifat memasarkan produk dengan tujuan untuk menarik minat pelanggan agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
Promosi merupakan proses mengiklankan suatu produk atau merek yang menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Ini merupakan salah satu dari empat elemen dasar dari pemasaran, yakni price, product, promotion dan place.
Dengan kegiatan promosi bisnis yang bagus, perusahaan atau usaha yang Anda miliki akan memiliki ciri khas atau citra tersendiri di dalam benak orang-orang yang mengikuti promosi Anda. Ingatan itulah yang kemudian disebut dengan brand Identity.
Promosi Menciptakan Brand Identity
Brand identity merupakan kumpulan setiap elemen yang diciptakan oleh usaha atau perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat untuk setiap konsumennya. Ketika sebuah brand sudah mempunyai brand identity yang kuat, pasti akan sangat mudah dikenali oleh banyak orang.
Bahkan, banyak orang (konsumen) bisa menjadi sangat loyal karena telah mempunyai persepsi yang baik terhadap brand tersebut. Jadi, selain sebagai penbeda dengan competitor, brand identity juga sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty.
Sampai sekarang ini, masih cukup banyak orang yang belum paham perbedaan branding dengan brand identity. Memang, istilah branding saat ini sudah cukup umum. Namun, Anda harus paham bahwa branding adalah istilah yang mengacu pada praktik pemasaran secara aktif untuk membentuk brand.
Sedangkan brand identity merupakan elemen-elemen yang diciptkana perusahaan agar bisa terlihat berbeda dengan kompetitor sehingga bisa menimbulkan persepsi khusus bagi penggunaya. Elemen-elemen tersebut seperti logo, desain, warna dan lainnya.
Cara Menciptakan Brand Identity Perusahaan
Berdasarkan lansiran dari Inc, ada beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menciptakan brand identity yang kuat pada perusahaan yang Anda miliki. Apa saja? Di bawah ini paparan lengkapnya.
Riset Pasar
Melakukan riset pasar merupakan suatu keharusahn sebelum perusahaan mulai menrencanakan strategi untuk membentuk brand identity. Ketahui sebenarnya siapa target pasar dari brand Anda dan coba cari tahu seperti apa pelanggan melihat produk atau jasa yang diberikan oleh brand Anda.
Selanjutnya, lakukan analisis yang mendalam pada kompetitor, untuk mengetahui seperti apa strategi mereka untuk mengembangkan bisnisnya. Jadi, ketahui terlebih dahulu siapa pelanggan, apa yang mereka inginkan dan strategi apa yang dilakukan oleh kompetitor. Terakhir, Anda buat strategi yang cocok untuk menciptkan brand identity perusahaan Anda.
Tetapkan Nilai Khas dari Brand
Salah satu hal penting dari brand identity adalah nilai brand untuk mempengaruhi persepsi dari konsumen. Jadi, dalam hal ini Anda harus mampu memilih nilai atau value apa yang ingin disampaikan kepada konsumen. Hal ini adalah fondasi penting dalam membangun brand identity.
Oleh sebab itu, Anda bisa mengawalinya dengan cara merinci terlebih dulu apa saja visi, misi dan nilai perubahan yang ingin ditawarkan atau diberikan oleh perusahaan Anda untuk pelanggan atau konsumen.
Buat Strategi yang Tepat
Brand identity tidak bisa dikembangkan dalam waktu yang singkat. Ini adalah pemahaman yang perlu Anda pahami. Untuk membangun brand identity harus dilakukan secara konsisten dan membutuhkan waktu yang panjang.
Itulah sebab, kenapa harus membuat strategi yang tepat, agar proses brand identity berhasil menjangkau segala jenis segmen konsumen. Cara yang bisa dilakukan misalnya menyampaikan value brand melalui platform media sosial agar lebih mudah menjangkau orang banyak. Selain itu, juga bisa dengan membuat campaign yang menarik.
Buat Desain Brand yang Menarik
Salah satu elemen paling menonjol dari brand identity adalah desain dari brand. Oleh karenanya, perusahaan harus membuat desain mulai dari logo, website, hingga packaging yang memorable dan menarik.
Keberadaan logo ibaratkan wajah dari perusahaan. sehingga, harus dipersiapkan dengan sangat cermat. Selain itu, website perusahaan juga harus memiliki desn yang menarik dan bisa merepresentasikan tujuan dari brand.
Media Promosi Bisnis yang Bisa Anda Gunakan
Terdapat banyak sekali media promosi yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan promosi bisnis juga sebagai cara promosi produk, mulai dari yang bersifat tradisional, hingga yang modern dan canggih. Di bawah ini beberapa media promosi yang kami sarankan untuk Anda gunakan.
Website
Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan bisa diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun dan di manapun dengan internet. Anda bisa mengakses website dengan menuliskan URL di alamat website di browser. Misalnya, jika Anda mengetikkan URL https://jogjakreasi.id, maka Anda akan masuk ke website Jogja Kreasi.
Facebook Ads
Media kedua yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk dan jasa Anda adalah facebook ads. Facebook ads atau iklan facebook adalah fitur yang ditawarkan oleh facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanpage yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna facebook dengan jangkauan yang berbeda dan bisa diatur oleh pemasang iklan tersebut.
Rekomendasi ketiga adalah instagram. Instagram merupakan media promosi bisnis online berupa aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik instagram sendiri.
E-Koran
Koran adalah media promosi selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Koran umumnya berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, cuaca dan sejenisnya dalam bentuk elektornik.
Poster
Poster merupakan karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.
Brosur
Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala oleh bisnis tertentu yang dapat terdiri dari satu sampai beberapa halaman kecil, tidak terkait dengan terbitan lain dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu, biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras.
Demikianlah ulasan singkat dari kami mengenai alasan penting melakukan kegiatan promosi pada bisnis. Jika Anda mempunyai bisnis baru dan lama yang perkembangannya lama dan ingin mengoptimasinya dengan promosi, maka Anda bisa memanfaatkan jasa yang Jogja Kreasi. Tunggu apalagi? Segera hubungi kami sekarang juga.