Pernahkah Anda menerima pesan melalui ponsel yang berisikan penawaran tentang suatu produk? Termasuk melalui media sosial bahkan melalui pesan elektronik. Berbagai penawaran atau berupa iklan yang Anda terima ini merupakan cara promosi.

Promosi merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan bagi seorang penjual atau produsen. Bagaimana cara promosi produk untuk meningkatkan keuntungan bagi seorang pebisnis? Kita bisa mempelajarinya untuk ikut merasakan kesuksesan orang-orang yang sudah berpengalaman menekuninya.

Bidang penjualan saat ini terus berkembang. Salah satu perkembangannya dipengaruhi oleh media, dimana para pebisnis memanfaatkan media cetak hingga media digital untuk melakukan penjualan produk-produknya. Mereka memanfaatkan media salah satunya untuk melakukan promosi di berbagai media.

Pengertian

Sebelum beranjak langsung untuk membahas bagaimana cara promosi yang biasa dilakukan, pahamilah terlebih dahulu apa pengertiannya. Mengerti pengertian promosi dapat membantu kita mengembangkan konsep-konsep yang kita pelajari seputar topik ini. Lantas, apa pengertian promosi?

Ilustrasi Promosi, sumber Jasa SEO
Ilustrasi Promosi, sumber Jasa SEO

Definisi promosi menurut Fandi Tjiptono yaitu salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli dan juga loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Berdasarkan definisi ini saja, kita dapat memahami bahwa promosi merupakan salah satu strategi pemasaran. Terdapat strategi pemasaran lainnya yang juga perlu diupayakan untuk meningkatkan penjualan produk. Strategi pemasaran melalui promosi artinya melakukan penawaran untuk mempengaruhi pasar.

Tujuan

Secara umum tujuan promosi yang sudah pasti dipikirkan oleh para pebisnis adalah untuk menawarkan produk sehingga penjualannya semakin meningkat. Namun ternyata tidak selalu kegiatan promosi dapat menghasilkan peningkatan penjualan produk. Lantas, apalagi tujuan promosi jika tetap harus dilakukan?

1. Memperkenalkan Produk

Paling tidak, dengan promosi yang dilakukan pasar atau calon konsumen dapat mengenal produk kita. Dengan perkenalan produk ini, jika terdapat banyak produk sejenis kita dapat berpeluang untuk menunjukkan keunikan produk kita sendiri. Apalagi jika kita memperkenalkan produk yang belum pernah ada sebelumnya, promosi menjadi salah satu yang harus dilakukan.

2. Memperluas Jaringan

Aktivitas promosi dapat membangung koneksi antara kita dengan pasar. Baik pasar tersebut merupakan calon konsumen atau bahkan bukan calon konsumen kita. Namun koneksi ini dapat menjadi jaringan yang suatu saat bermanfaat. Termasuk potensi suatu saat membutuhkan produk yang pernah kita tawarkan kepada mereka.

3. Membangun Branding

Ilustrasi Promo di Event Harbolnas, sumber Femina
Ilustrasi Promo di Event Harbolnas, sumber Femina

Aktivitas promosi juga dapat menghasilkan kepercayaan publik terhadap diri kita sebagai produsen. Tinggal cara promosi yang dilakukan harus mengacu pada strategi ini, yaitu membangun branding. Misalnya dari kegiatan promosi yang dilakukan, khalayak ramai dapat mengetahui bahwa produk kita bebas bahan-bahan yang merusak lingkungan.

4. Meningkatkan Penjualan

Tujuan kegiatan promosi yang satu ini memang harus selalu menjadi sasaran para produsen. Dengan promosi, tawaran yang diberikan dapat mengarahkan khalayak ramai untuk memperhatikan produk kita. Sampai akhirnya mereka merasa perlu dan membeli produk kita.

Jenis-jenis Promosi

Lantas seperti apa bentuk promosi yang biasa dilakukan? menurut Kotler dan Armstrong (pakar marketing) berikut ini beberapa bentuk promosi yang biasa dilakukan.

1. Personal Selling

Jenis promosi personal selling berarti menjajakan langsung produk kepada khalayak. Baik satu per satu atau pada tempat-tempat tertentu. Biasanya pemilik produk akan membawa produknya ke lokasi yang ramai dan memperlihatkan produknya untuk dapat dibeli.

2. Advertising

Makna dari advertising adalah periklanan, yaitu membuat promosi dalam bentuk khusus untuk dipublikasikan misalnya melalui media televisi. Promosi dikemas dalam bentuk konten kemudian disiarkan.

3. Sales Promotion

Sales promotion adalah penawaran dengan memberikan benefit kembali kepada calon konsumen. Misalnya garansi atau diskon, dimana konsumen akan merasa beruntung untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Public Relation

Public relation adalah jenis promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan popularitas yang sudah ada. Zaman sekarang, jasa promosi dengan platform yang telah lama populer atau influencer dengan jumlah followernya merupakan jenis promosi yang dilakukan melalui public relation.

5. Direct Marketing

Direct marketing adalah pemasaran secara langsung yang dilakukan dalam bentuk promosi ke calon pelanggan misalnya dengan menggunakan saluran komunikasi. Jenis promosi ini dapat menciptakan respon langsung atas penawaran yang dilakukan.

Promosi Sosial Media, sumber KoinWorks
Promosi Sosial Media, sumber KoinWorks

Cara Promosi

Lantas, seperti apa cara promosi yang biasa dilakukan bahkan hingga saat ini? Simak beberapa diantaranya di bawah ini.

1. Social Media Marketing

Cara promosi produk yang saat ini ramai dilakukan adalah menggunakan media sosial. Setiap produsen membuat media sosial yang rajin mempublish postingan berisikan berbagai informasi penjualan produk mereka.

2. Membagikan Tester

Cara promosi yang satu ini juga ampuh untuk dilakukan. Yaitu membagikan tester. Dengan membagikan produknya secara gratis, calon pelanggan biasanya mau mengambil dan mencobanya langsung. Jika dinilai produknya bagus, maka mereka akan menjadi pelanggan.

3. Mengadakan Event

Seringkali terdapat momen-momen yang cocok untuk dimanfaatkan sebagai promosi produk. Biasanya momen-momen ini dimanfaatkan dengan cara mengadakan event. Misalnya mengadakan event Ramadhan untuk promosi busana Muslim dan Muslimah.

4. Mengadakan Promo Berhadiah

Cara promosi yang satu ini dilakukan dengan cara memberikan kembali kepada konsumen yang bersedia membelinya dengan berbagai hadiah. Tidak tanggung-tanggung, terkadang produsen produk sampai memberikan hadiah promo berupa liburan kepada pelanggan pertamanya.

Itu dia beberapa informasi seputar definisi, tujuan, jenis hingga cara promosi yang bisa Anda praktikkan langsung. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terima kasih sudah menyimak ulasan dari kami.