Mengapa analisis audiens itu penting di dalam bisnis? Pertanyaan seputar ini memang sering ditanyakan bagi orang yang akan memulai bisnis. Audiens atau target market merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis. Bagaimana Anda membuat penawaran iklan yang baik jika audiens Anda tidak tepat atau salah sasaran?

Ketika audiens sudah di analisis, maka akan memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari teknik pemasarannya hingga penjualannya. Salah satu media promosi yang baik adalah press release. Fungsi press release yakni untuk memperkenalkan perusahaan ke banyak orang dengan mudah dan cepat. 

Namun akan berbeda jika sebelumnya Anda tidak menganalisis audiens terlebih dahulu. Anda akan kesulitan untuk membuat promosi seperti apa kemudian melalui media apa. Jadi analisis audiens sangatlah penting. Terlebih jika bisnis Anda ingin mengeluarkan produk terbaru, jadi harus jelas siapa yang akan Anda sasar.

Pentingnya analisis audiens dalam bisnis, Sumber: matawebsite.com
Pentingnya analisis audiens dalam bisnis, Sumber: matawebsite.com

Analisis Audiens Secara Demografi

Di dalam menganalisis audiens, terdapat berbagai cara yang bisa digunakan. Salah satunya dengan menggunakan teknik demografi. Terdapat beberapa hal yang ada di dalam demografi. Hal tersebut meliputi:

  • Jenis Kelamin
  • Umur
  • Tempat Tinggal
  • Tingkat Pendidikan
  • Penghasilan
  • Pekerjaan
  • Status Pernikahan

Dengan demikian, Anda perlu menganalisis dan menentukan audiens dari bagian-bagian demografi di atas. Tujuannya supaya produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat tepat sasaran sesuai audiens yang telah ditentukan. 

Ada contoh yang bisa Anda pahami mengenai audiens berdasarkan demografi ini. Dikutip dari laman harmony.co.id, ada contoh mengenai menentukan audiens dari toko sepatu olahraga. Yakni sebagai berikut:

Contoh target audiens bagi yang memiliki bisnis toko sepatu adalah pria (60%) dan wanita (40%). Untuk umur berkisar di usia 18-29 tahun. Audiens yang paling tepat untuk ditawarkan produk sepatu olahraga tersebut ialah orang-orang yang menyukai tampilan fashionable. Namun tidak terlalu memikirkan dan mengikuti trend.

Alasan Pentingnya Analisis Audiens

Analisis audiens sangat diperlukan untuk menentukan promosi bisnis yang akan digunakan. Jadi tidak heran jika para pelaku bisnis sangat aware dengan audiens dalam memasarkan produk maupun jasanya. Berikut beberapa alasan mengapa analisis audiens dalam komunikasi bisnis itu sangat penting.

1. Membantu Meningkatkan Penjualan

Salah satu prioritas utama dalam berbisnis adalah bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menganalisis audiens terlebih dahulu. Apabila audiens yang Anda sasar benar dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan, maka dapat membantu meningkatkan penjualan. 

Namun sebaliknya, jika Anda tidak pernah melakukan riset terlebih dahulu maka Anda akan bingung. Anda bisa membuat iklan atau konten yang tidak relevan dengan audiens yang disasar. Hal tersebut tentu saja akan sia-sia dan membuang tenaga serta biaya produksi iklan.

Membantu meningkatkan penjualan, Sumber: majoo.id
Membantu meningkatkan penjualan, Sumber: majoo.id

2. Memudahkan dalam Pembuatan Iklan

Analisis audiens dapat membantu memudahkan Anda dan pelaku bisnis lainnya dalam pembuatan iklan. Di dalam pembuatan iklan tentu saja memiliki tujuan tertentu agar informasi yang tertuang bisa diterima oleh audiens. Anda bisa menyesuaikan iklan dengan target audiens yang disasar.

Anda bisa membuat materi iklan atau konten sesuai dengan target audiens. Misalnya saja barang A targetnya usia 17-25 tahun, kemudian barang B targetnya usia 30-40 tahun. Dengan begitu Anda bisa membuat iklan sesuai dengan karakteristik dari masing-masing audiens.

Memudahkan dalam pembuatan iklan, Sumber: freshbooks.com
Memudahkan dalam pembuatan iklan, Sumber: freshbooks.com

3. Pesan Dapat Tersampaikan dengan Baik

Di setiap iklan ataupun konten yang dibuat memiliki sebuah pesan tersendiri. Pesan tersebut tentu saja ditujukan bagi target audiens yang disasar. Apabila audiens yang disasar sudah tepat, maka pesan yang ada di dalam iklan ataupun konten dapat tersampaikan dengan baik.

Ketika Anda memahami mengenai karakteristik dari target audiens Anda, maka Anda akan mulai mengetahui apa yang mereka butuhkan. Hal ini juga sekaligus membantu Anda dalam mengembangkan produk. Anda bisa membuat produk baru yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens Anda.

Pesan dapat mudah tersampaikan, Sumber: mgt.unida.gontor.ac.id
Pesan dapat mudah tersampaikan, Sumber: mgt.unida.gontor.ac.id

4. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Setiap pebisnis tentu saja memiliki strateginya masing-masing untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Ketika Anda sudah mengenal dan memahami mengenai siapa audiens Anda, maka Anda akan lebih mudah dalam pengambilan keputusan. Keputusan tersebut tentu saja yang berhubungan dengan strategi bisnis yang tepat.

Misalnya saja dalam pembuatan iklan melalui sosial media. Untuk target audiens yang berusia lanjut seperti usia 45 sampai 50 an tahun ke atas, mereka akan lebih sering mengakses Facebook. Lalu untuk usia remaja hingga dewasa misalnya usia 16 sampai 40 an tahun ke atas cenderung menggunakan Instagram.

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan akan menggunakan sosial media yang mana untuk menjaring audiens. Hal tersebut tentu saja berdasarkan target audiens yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Memudahkan dalam pengambilan keputusan, Sumber: samahitawirotama.com
Memudahkan dalam pengambilan keputusan, Sumber: samahitawirotama.com

5. Mengefektifkan Sumber Daya yang Digunakan

Di dalam berbisnis tentu saja terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya saja sumber daya seperti keuangan dan lainnya. Untuk mempromosikan sebuah produk tentu saja membutuhkan biaya yang tidak kecil. Jika telah mengetahui audiens, Anda bisa dengan mudah mengatur keuangan perusahaan secara tepat.

Namun beda halnya jika belum mengetahui siapa audiens yang dimaksud. Biaya promosi yang dikeluarkan terus-menerus bisa tidak menghasilkan apapun karena pesan yang ada tidak tersampaikan ke audiens. Dengan menganalisis audiens terlebih dahulu, sumber daya yang dikeluarkan akan lebih efektif.

Sumber daya yang digunakan menjadi efektif, Sumber: konsultanpsikologijakarta.com
Sumber daya yang digunakan menjadi efektif, Sumber: konsultanpsikologijakarta.com

Itulah tadi informasi mengenai pentingnya analisis audiens dalam dunia bisnis. Ikuti berbagai informasi menarik seputar iklan, bisnis, press release, dan lainnya di laman Jogja Kreasi. Bagi Anda yang membutuhkan jasa press release untuk bisnis, bisa menghubungi kami lebih lanjut. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.