Dalam dunia digital marketing, membuat konten viral merupakan suatu strategi dalam menunjang keberhasilan promosi atau beriklan yang sangat efektif. Memang, cara membuat konten viral membutuhkan strategi khusus. Namun, Anda tak perlu khawatir, pasalnya hal ini bisa dipelajari dengan berkala.

Sebagaimana diketahui, persaingan bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu. Tentu saja, diperlukan strategi khusus untuk bisa bertahan hingga memenangkan persaingan yang ada. Nah, konten viral bisa menjadi salah satu senjata yang digunakan. Pasalnya, dengan konten yang viral, promosi akan mampu menjangkau target konsumen yang lebih luas. 

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan konten viral dan bagaimana cara viral di media sosial? Simak ulasannya!

Apa Itu Konten Viral?

Konten viral yang sedang trending, Sumber: sirclo.com
Konten viral yang sedang trending, Sumber: sirclo.com

Konten viral juga dikenal dengan viral marketing merupakan strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada target konsumen secara meluas dan berkembang. Di era digital saat ini, pembuatan konten agar menjadi viral sangat penting.

Tidak hanya sekedar untuk mendapatkan jangkauan target konsumen yang lebih luas, konten viral pun juga turut membangun kredibilitas bisnis. Ya, perlu diketahui bahwa banyak awam yang menganggap jika bisnis yang viral merupakan bisnis yang lebih kredibel dibandingkan dengan bisnis yang kurang populer. 

Terkait konten viral, media untuk mengangkat konten menjadi viral pun kini beraneka ragam. Mulai dari media sosial seperti konten viral TikTok atau yang sering dikenal dengan FYP, Youtube, Facebook, Instagram maupun Google. Setiap platform memiliki target pasar yang berbeda-beda.  

Tak hanya produk, konten viral saat ini biasanya juga digunakan dalam membuat personal branding. Di Indonesia sendiri, tak jarang kita temukan konten-konten viral berseliweran setiap harinya, termasuk personal branding. Contohnya adalah seperti Fajar ‘Sad Boy’, yang viral karena menangis tersedu-sedu usai diputusin pacarnya.

Cara Membuat Konten Viral Untuk Mengoptimalkan Promosi

Membuat konten agar viral tidak bisa dilakukan random dan tanpa rencana. Memang, bisa jadi, sebuah video yang tidak sengaja dibuat akan menjadi viral karena suatu hal. Akan tetapi, untuk kebutuhan promosi bisnis, tentu rencana yang matang cenderung diperlukan.

Membuat konten yang bisa viral sebagai media promosi, Sumber: digitalseo.in
Membuat konten yang bisa viral sebagai media promosi, Sumber: digitalseo.in

Selain itu, perlu diketahui bahwa ada pola yang terkadang menjadi penentu dari konten viral tersebut. Hal inilah yang perlu dijadikan acuan untuk membuat konten agar menjadi viral dan memberikan keuntungan perihal bisnis.

Terkait membuat konten viral, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar berhasil. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah: 

1. Berikan Efek Trigger pada Konten

Pembuatan konten viral tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Salah satu strategi yang perlu diterapkan adalah membuat konten yang memiliki efek trigger atau pemicu bagi target pasar agar konten ditonton ataupun dibaca. Agar konten mudah diterima, Anda dapat membuat menggunakan tema sehari-hari, sehingga lebih relate dengan target.

Anda dapat mengangkat keresahan yang mereka hadapi. Hal ini tentu yang berkaitan dengan produk. Anda juga dapat menunjukkan bahwa produk Anda dapat menjadi solusi pada keresahan tersebut. Maka, ini akan memudahkan audience tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

2. Berikan  Emosi pada Konten

Cara membuat konten agar viral adalah dengan melibatkan emosi. Bayangkan jika konten Anda tidak memiliki kesan emosi, maka akan menjadi konten yang datar-datar saja. Maka, membuat konten dengan emosi merupakan bagian yang penting.

Emosi di sini bukan berarti amarah, namun dapat berupa konten yang kocak maupun sedih. Anda dapat menuangkannya melalui tulisan, video maupun gambar. Hanya saja, memang, agar bisa membangkitkan emosi target konsumen, beberapa riset perlu dilakukan. 

3. Konten Bersifat Public Attention

Cara membuat konten viral selanjutnya adalah dengan menarik perhatian publik. Anda bisa mengangkat dari hal-hal umum atau Anda juga dapat menciptakan tren melalui produk Anda. Semakin Anda mendapat perhatian masyarakat, maka produk Anda semakin banyak yang melihat.

Misalnya, seperti Scarlett, brand skin care yang mengendorse ataupun menjadikan brand ambassador hampir semua artis dan influencer. Bahkan juga menggaet artis Korea. Cara ini sangat diterima oleh public, hingga akhirnya masyarakat berbondong-bondong ingin mendapatkan produknya. Pada saat itu, Scarlett menjadi sangat viral dimana-mana.

4. Buat Konten Unik dan Menarik

Konten yang unik biasanya akan melekat di hati audience. Namun harus diingat bahwa unik belum tentu menarik. Tidak perlu berlebihan, karena konten-konten yang simpel biasanya malah lebih mudah diterima audience. Namun tetap diperlukan ide-ide kreatif dan out the box supaya dapat menarik perhatian audience

Anda dapat mengemas konten dengan narasi yang menarik pula. Sehingga konten Anda mudah dipahami dan mudah diedukasi audience. Dengan konten tersebut, orang tidak akan segan-segan membagikan konten yang Anda buat. 

Lakukan riset tentang contoh yang unik. Anda bisa melakukan pengamatan tentang apa saja yang membuat konten terlihat unik dan menerapkannya. 

5. Ikuti Trend dan Challenge

Ikut trend challenge di TikTok, Sumber: pikiran-rakyat.com
Ikut trend challenge di TikTok, Sumber: pikiran-rakyat.com

Cara membuat konten viral selanjutnya ini lebih mudah untuk Anda ikuti. Anda cukup update dengan trend serta challenge yang happening pada saat ini. Misalnya, seperti challenge mukbang, challenge make up, OOTD, dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat konten dengan menyertakan lagu-lagu atau slogan dan slang yang sedang hits saat itu. Bukan tidak mungkin audience akan melihat konten Anda karena hal tersebut.

6. Manfaatkan Prime Time dan Hashtag

Siapa sangka, ternyata waktu posting berpengaruh pada konten viral. Jika Anda memposting konten dalam jangka waktu yang pendek dengan penonton yang banyak, tentu akan membuat konten Anda cepat naik. Maka, memanfaatkan prime time atau saat-saat target pasar Anda bersantai berselancar di dunia maya itu penting.

Selain itu, manfaatkan hashtag agar mempermudah pencarian. Gunakan kata kunci yang mudah dicari. Dengan begitu, audience akan mudah mendapatkan konten Anda saat mencari kata kunci tersebut.

7. Jaga Kualitas Konten

Menjaga kualitas konten tentu sudah tidak menjadi hal yang membutuhkan diskusi panjang. Karena hal ini merupakan hal yang wajib Anda upayakan semaksimal mungkin. Misalnya, dari segi kualitas gambar, video, suara maupun menulis copywriting iklan

Perhatikan pula durasi video jika Anda membuat konten video. Misalnya, dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Adapun dalam tulisan, buatlah tulisan yang tidak bertele-tele dan tidak membosankan serta berbobot. Selain itu, juga pastikan isi konten Anda memberikan manfaat bagi audience.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan yang dapat membuat konten viral. Beberapa cara di atas tentu saja membutuhkan komitmen serta konsisten Anda dalam membuat konten. Karena akan memberikan efek pada hasil Anda nantinya.

Tunjang Strategi Promosi dengan Layanan Press Release!

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang tidak mengetahui mengenai layanan press release. Mengutip Wikipedia, press release merupakan tulisan ataupun rekaman yang ditujukan langsung pada media untuk mengumumkan sesuatu agar memiliki nilai berita agar terpublikasi di media massa. 

Dalam kegiatan promosi, press release merupakan salah satu cara soft selling. Dengan adanya press release ini, maka  dapat menjadikan suatu perusahaan, suatu produk atau lembaga dapat dikenal oleh masyarakat. Selain itu, juga dapat meningkatkan citra di masyarakat.

Jasa Press Release Jogja Kreasi
Jasa Press Release Jogja Kreasi

Jogja Kreasi merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konten digital yang menyediakan jasa press release, siap membantu Anda dalam membuat konten artikel press release. Tak hanya membuat konten artikel saja, namun juga siap menerbitkannya di berbagai media online daerah maupun nasional.

Selain itu, Jogja Kreasi juga melayani pembuatan video promosi dan desain grafis untuk produk bisnis, hingga personal branding Anda. Kami juga siap menjadi partner Anda untuk mempersiapkan konten iklan di TikTok. Tunggu apa lagi, segera cek info layanan kami sekarang!