Perkembangan media sosial yang sangat pesat melahirkan banyak platform yang bisa dimanfaatkan pebisnis untuk beriklan. Nah, salah satu platform media sosial banyak digunakan untuk iklan adalah TikTok. Tidak dimungkiri memang jika iklan di TikTok menjadi pilihan karena pengguna platform ini sangat besar. 

Bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis, tentu saja memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan penjualan adalah opsi yang tepat. Sebab, TikTok bukan hanya platform media sosial biasa, tetapi lebih dari itu karena dilengkapi beberapa fitur unggulan, salah satunya TikTok ads manager.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas seluk-beluk mengenai iklan di TikTok termasuk apa saja kelebihan platform ini dibandingkan platform lainnya. Penasaran? Simak ulasannya!

Kelebihan TikTok Sebagai Platform Iklan

Platform TikTok, Sumber: searchenginejournal.com
Platform TikTok, Sumber: searchenginejournal.com

Bila dibandingkan dengan iklan media sosial yang lain, TikTok memiliki platform yang cukup baik dalam melakukan promosi iklan. Itulah kenapa banyak perusahaan atau marketer yang memilih TikTok sebagai media iklan yang efisien.

Dengan tersedia platform iklan TikTok, Anda bisa melakukan banyak hal untuk memaksimalkan konten iklan. Semua fitur untuk membuat iklan sudah disediakan oleh TikTok. Tinggal Anda sesuaikan saja setiap fitur TikTok dengan kebutuhan iklan. Jadi, iklan yang dibuat dapat dilihat oleh semua pengguna TikTok.

Lalu, apa saja kelebihan TikTok sebagai platform iklan? Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Memiliki jumlah pengguna yang banyak
  • Dipakai oleh seluruh kalangan mulai anak muda hingga orang dewasa
  • Iklan yang dibuat dapat menjangkau semua target konsumen
  • Memiliki fitur platform iklan yang mudah dan tidak ribet
  • Fitur platform iklan yang cukup lengkap
  • Biaya iklan yang cukup terjangkau
  • Dapat membuat kata kunci sesuai target audiens yang ingin dijangkau
  • Tersedia format tampilan desain iklan (creation kit)
  • Tersedia dalam aplikasi tersendiri (TikTok business) dalam mengelola iklan
  • Syarat pendaftaran iklan yang singkat dan mudah diikuti

Masih banyak kelebihan iklan di TikTok yang dapat meningkatkan penjualan. Tetapi, dari kelebihan di atas, tentu TikTok menjadi media sosial yang efisien dalam melakukan iklan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan jumlah pengguna TikTok yang banyak sebagai strategi pemasaran.

Tips Membuat Iklan Efektif Menggunakan TikTok

Membuat iklan di TikTok, Sumber: redcomm.co.id
Membuat iklan di TikTok, Sumber: redcomm.co.id

Saat membuat iklan di TikTok, tentu tidak seperti Anda membuat iklan di media sosial yang lain. Misalnya seperti Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan TikTok memiliki cara tersendiri, agar iklan yang ditampilkan tetap nyaman bagi para penggunanya.

Itulah kenapa sebelum daftar TikTok ads, pastikan Anda tahu sistem iklan yang digunakan. Dengan begitu, iklan yang Anda buat dapat dilihat dan disukai oleh para pengguna. Walaupun Anda sudah menggunakan semua fitur iklan TikTok, tetapi kualitas iklan yang Anda buat kurang menarik. Tentunya membuat Anda akan sulit meningkatkan penjualan.

Biar iklan yang Anda buat di TikTok dapat lebih efektif. Berikut ini beberapa tips membuat iklan di TikTok yang bisa Anda coba diantaranya:

  • Membuat isi konten iklan yang menarik, unik, dan berkesan
  • Hindari membuat video iklan dalam bentuk horizontal
  • Selalu gunakan video iklan dalam bentuk vertikal
  • Manfaatkan User Generated Content (UGC) agar semua konten iklan yang dibuat dapat dinikmati dan dipercaya oleh pengguna TikTok. 
  • Membuat pembuka video iklan dengan hook yang persuasif. Agar iklan yang dibuat tidak langsung di skip
  • Buat video dengan durasi yang singkat, tetapi dapat menjelaskan secara detail brand atau produk
  • Ikuti perkembangan TikTok yang sedang tren dan populer di kalangan penggunanya
  • Gunakan tagar/hastag yang relevan dengan konten iklan yang dibuat

Dengan mengikuti tips yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah menggunakan TikTok sebagai media promosi bisnis. Bukan hanya itu, berbagai konten iklan yang Anda buat pun dapat disukai oleh pengguna TikTok. 

Ketika iklan yang dibuat di TikTok dapat disukai oleh banyak penggunanya, tentu penjualan dapat menjadi lebih meningkat. Jadi, selalu perhatikan kualitas iklan sebelum Anda melakukan penerbitannya di TikTok.

Memaksimalkan Penjualan Dengan Press Release

Jasa Press Release, sumber: faisol.id
Jasa Press Release, sumber: faisol.id

Ada banyak cara yang dilakukan untuk membuat iklan mudah dijangkau oleh banyak orang. Umumnya cara yang dilakukan adalah dengan membuat iklan di media sosial. Tetapi, bila Anda ketahui lebih jauh ada cara terbaik lainnya yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan press release.

Bila Anda belum mengetahui press release itu apa? Press release adalah alat atau media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik. Press release diterbitkan oleh perusahaan dalam beberapa kegiatan tertentu. Informasi yang diberikan biasanya disebarkan secara publik melalui media, seperti koran, televisi dan lainnya. 

Dilihat dari fungsinya, press release adalah sebagai pelengkap iklan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan press release untuk membuat iklan mudah dijangkau oleh siapa saja. Terlebih, saat ini, Jogja Kreasi hadir sebagai penyedia jasa press release untuk kemudahan pembuatan konten.  

Mengingat  press release berisi mengenai berbagai hal yang informatif, itulah kenapa konten iklan yang dimuat harus bisa disesuaikan dengan isi press release. Tak perlu bingung bagaimana cara membuatnya, karena kami Jogja Kreasi siap untuk membantu.

Untuk info lebih lengkapnya Anda bisa langsung saja hubungi CS Jogja Kreasi. Kami telah bekerja sama dengan banyak media nasional, sehingga press release yang diterbitkan bisa dijangkau oleh banyak orang. Dengan begitu, iklan bisnis Anda secara langsung dapat memberikan dampak pada peningkatan penjualan. Semoga bermanfaat!