Iklan merupakan bentuk pesan promosi yang digunakan untuk membujuk masyarakat tertarik dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Ada banyak jenis dari iklan, salah satunya iklan komersial. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar iklan komersial. Mulai dari pengertiannya, apa saja jenisnya, hingga apa saja contohnya.
Pengertian Iklan Komersial
Iklan komersial adalah iklan yang dibuat untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan. Iklan ini juga biasa disebut dengan iklan penawaran atau iklan niaga. Jadi jika Anda melihat iklan produk yang ada di media elektronik, media cetak, hingga media sosial itulah yang dinamakan sebagai iklan penawaran.
Di dalam iklan tersebut terdapat beberapa baris kalimat yang isinya menarik perhatian konsumen. Ketika kalimat tersebut menarik konsumen, maka nantinya konsumen juga semakin tertarik untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Bahkan tidak jarang juga Anda menjumpai sebuah iklan yang menawarkan produknya melalui reklame.
Produk yang ditawarkan melalui reklame itulah yang dinamakan reklame komersial. Isi kalimat dari reklame komersial biasanya juga lebih singkat, namun tetap mengandung kalimat persuasif. Reklame ini bisa Anda jumpai di pinggir jalan. Biasanya perusahaan yang menggunakan reklame pasang iklan di poster, spanduk, hingga baliho.
Bahkan saat ini bentuk reklame juga sudah mengalami perkembangan. Diantaranya Anda bisa melihat produk atau jasa yang diiklankan melalui reklame yang ada di bus. Kemudian yang lebih menariknya lagi Anda juga bisa menjumpai reklame elektronik yang menggunakan videotron atau yang lainnya. Cukup menarik bukan?
Iklan penawaran juga memiliki beberapa ciri khusus yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa ciri-ciri yang terkandung dalam iklan penawaran:
- Di dalamnya mengandung kalimat yang isinya membujuk. Kalimat bujukan ini juga biasa disebut dengan kalimat persuasif. Tujuannya agar konsumen yang melihat iklan tersebut semakin tertarik dengan produk yang ditawarkan.
- Penggunaan bahasa untuk iklan ini komunikatif.
- Pemilihan bahasa yang dipakai mudah diingat dan dimengerti oleh khalayak ramai.
- Isi materi iklan padat akan informasi.
- Di dalamnya mengandung gambar atau ilustrasi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen.
- Tidak ketinggalan pula terdapat slogan dari produk yang ditawarkan.
Jenis Iklan Komersial
Iklan komersial ini dibagi menjadi 2 jenis, yakni iklan strategi dan iklan taktis. Dimana kedua iklan tersebut tentu saja memiliki perbedaan.
1. Iklan Strategi
Jenis iklan yang satu ini memiliki fungsi untuk membangun sebuah brand yang Anda miliki. Jadi maksudnya ialah, iklan ini akan memuat informasi mengenai apa saja manfaat atau keunggulan dari produk ataupun jasa yang ditawarkan.
Dengan begitu konsumen akan merasa percaya terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Meskipun memang membutuhkan cukup waktu untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.
2. Iklan Taktis
Berbeda dari iklan strategi, iklan taktis ini dibuat untuk mendesak konsumen untuk segera membeli produk dan melakukan kontak dengan brand tersebut. Untuk iklan taktis ini akan menawarkan promosi khusus yang menarik. Biasanya promosi ini hanya dilakukan dalam periode waktu yang singkat.
Hal tersebut bertujuan agar konsumen tidak memiliki waktu yang lama untuk berpikir. Dengan begitu, konsumen akan segera memberikan respon terkait iklan yang baru saja dilihatnya.
Jadi secara garis besar tujuan iklan komersial adalah untuk meningkatkan penjualan supaya perusahaan mendapatkan keuntungan dari iklan yang telah dibuat tersebut. Hal ini sangatlah berbeda dengan tujuan dari iklan non komersial.
Iklan non komersial bertujuan untuk memberikan ajakan untuk menjalankan ataupun menghindari sesuatu. Misalnya saja seperti ajakan untuk selalu mencuci tangan dan menggunakan masker selama pandemi covid-19 masih merajalela. Jadi memang tujuannya bukan untuk mencari keuntungan seperti yang ada pada iklan komersial atau yang juga disebut dengan iklan niaga.
Contoh Iklan Komersial yang Pernah Ada
Pada dasarnya Anda dapat dengan mudah menjumpai iklan penawaran ini dimanapun. Misalnya saja melalui media elektronik, media cetak, hingga berbagai media sosial. Apabila membahas mengenai contoh dari iklan ini sebenarnya banyak sekali. Mulai dari produk makanan, produk minuman, dan lain sebagainya.
Apakah Anda sudah penasaran mengenai contoh dari iklan niaga ini? Berikut beberapa contoh iklan dari iklan penawaran yang bisa Anda jumpai.
1. Iklan Indomie
Salah satu slogan Indomie yang masih terngiang di benak konsumen ialah “Indomie Seleraku”. Iklan Indomie yang ditampilkan di televisi ataupun media yang lainnya berhasil menarik perhatian konsumen. Bahkan banyak orang yang tertarik untuk mencoba varian baru mie instan yang dikeluarkan dari produk ini.
2. Iklan Teh Botol Sosro
Teh Botol Sosro merupakan salah satu brand minuman yang mampu menyedot banyak perhatian dari konsumen. Bagaimana tidak, slogan yang dibuat pada tahun 2000 ini hingga sekarang masih melekat di benak konsumen. Slogan itu ialah “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”. Karena slogan tersebut brand minuman ini masih menjadi produk andalan konsumen.
3. Iklan Yakult
Siapa yang tidak kenal dengan Yakult? Produk susu fermentasi ini mulai hadir di Indonesia sejak tahun 1991. Bagi sebagian orang mengenal Yakult karena slogan yang selalu hadir di dalam iklannya yakni “Cintai Ususmu, Minum Yakult Tiap Hari”. Slogan tersebut mampu menarik konsumen untuk mengkonsumsi Yakult setiap hari.
4. Iklan Milo
Minuman coklat yang satu ini sangat disukai oleh sebagian masyarakat terutama anak-anak. Apalagi di kemasannya selalu menampilkan gambar orang yang sedang berolahraga. Ditambah ada slogan yang menarik perhatian yakni “Energi Untuk Menang Tiap Hari”.
Iklan yang menampilkan gambar dan slogan tersebutlah yang menarik perhatian konsumen. Jadi tidak heran jika banyak orang khususnya anak-anak yang tertarik untuk mengkonsumsi minuman coklat berenergi tersebut.
5. Iklan Sunlight
Salah satu sabun pencuci piring yang hingga saat ini masih digunakan ialah Sunlight. Sunlight terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas produk. Ada berbagai iklan komersial yang ditampilkan oleh Sunlight untuk menarik perhatian konsumen. Diantaranya seperti pada gambar di bawah ini.
6. Iklan OB Herbal
Ada banyak obat batuk yang diiklankan di berbagai media. Supaya menarik perhatian konsumen, tentu saja perusahaan membuat iklan yang mampu menarik perhatian konsumen. Salah satunya dilakukan oleh OB Herbal. OB Herbal ini mengiklankan produknya dengan menggunakan slogan yang cukup menarik yakni seperti gambar di bawah ini.
Itu tadi hanya beberapa contoh saja, masih ada banyak lagi iklan penawaran yang bisa Anda temui di televisi, koran, reklame, dan yang lainnya. Ketika Anda menemukan sebuah iklan dan sesuai dengan ciri-ciri yang disebutkan di atas tadi maka itulah iklan penawaran.
Apakah Anda membutuhkan jasa press release untuk meningkatkan reputasi, citra maupun brand Anda? Kami dari Jogja Kreasi dengan senang membantu kebutuhan Anda tersebut. Jogja Kreasi siap membantu Anda dalam produksi tulisan artikel yang berkualitas dan menerbitkannya ke media online nasional untuk keperluan promosi usaha Anda.
Dapatkan berbagai benefit dari penggunaan jasa press release kami. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait jasa press release.